fbpx

mySkin

10 Faktor Penyebab Jerawat yang Sering Anda Lakukan Tanpa Sadar

Faktor penyebab jerawat ini harus diketahui. Terutama bagi Anda yang sering mengalami jerawat berulang-ulang di kulit dan secara konsisten. Jerawat ini sebenarnya bukanlah hal yang berbahaya namun jika sudah disertai dengan peradangan akan membuat Anda kurang nyaman. Tidak mengherankan jerawat yang meradang rasanya sangat menyiksa sekali seperti nyeri dan juga gatal. Tanpa kita sadari jerawat ini bisa muncul dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang kita lakukan. Kebiasaan-kebiasaan buruk yang inilah yang harus dihindari agar tidak menyebabkan jerawat sering muncul. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa menjadi faktor penyebab jerawat yang jarang disadari:

Sering Memegang Wajah dengan Tangan Kotor

Kebiasaan pertama yang menjadi faktor penyebab jerawat adalah sering memegang kulit wajah dengan kondisi tangan kotor. Tangan yang kotor ini bisa mentransfer bakteri ke kulit Anda. Bakteri inilah yang nantinya akan berkembangbiak di kulit Anda dan menyebabkan jerawat timbul.

Menggunakan Alat Make Up Kurang Higienis

Kebiasaan selanjutnya yang bisa menyebabkan kulit menjadi mudah berjerawat adalah menggunakan alat make up kurang higienis. Jika Anda sering menggunakan make up sehari-harinya pastikan jika alat yang Anda gunakan tersebut terbebas dari kuman dan bakteri. Menggunakan alat yang kurang bersih sama saja melakukan transfer kuman dari alat tersebut ke kulit wajah Anda. Cuci alat secara teratur dan simpan di tempat yang bersih.

Memencet Komedo dan Jerawat

Faktor penyebab jerawat yang sering tidak disadari selanjutnya adalah memencet jerawat. Bagi Anda yang memiliki jerawat dan rasanya gatal sebaiknya membiarkannya saja. Jangan mencoba untuk memencetnya karena hal ini bisa menyebabkan jerawat bertambah parah. Nanah dalam jerawat tersebut saat tersentuh tangan Anda akan mudah menular ke bagian kulit lainnya.

Jarang Mencuci Rambut

Yang menyebabkan jerawat selanjutnya adalah jarang mencuci rambut. Tentu Anda bertanya-tanya hubungan rambut dan wajah tersebut apa. Rambut dan kulit wajah ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Kotoran wajah ini tidak hanya muncul dengan sentuhan tangan saja namun juga bisa muncul dari rambut yang tidak terawat dengan baik. Rambut yang kotor dan tergerai ini akan mudah menyebabkan kulit Anda berjerawat. Fakta pun membuktikan mereka yang rajin keramas jarang bermasalah dengan jerawat dibandingkan dengan mereka yang jarang keramas. Oleh sebab itu biasakan untuk keramas minimal dua hari sekali agar kulit dan rambut Anda terjaga.

Malas Mencuci Muka

Sehabis bepergian atau melakukan aktivitas outdoor ada baiknya jika Anda membersihkan dan mencuci muka Anda. Anda bisa mendiamkan wajah Anda selama 3 menit terlebih dahulu setelah itu bisa dilanjutkan dengan mencuci muka. Malas mencuci muka setelah kegiatan outdoor ini akan menyebabkan kotoran dan minyak bercampur menjadi satu kemudian menyebabkan jerawat.

Sering Mencuci Muka

Faktor yang menyebabkan jerawat selanjutnya adalah sering mencuci muka. Memang jarang membersihkan muka ini tidak bagus untuk kulit Anda, namun terlalu sering membersihkan muka ini juga tidak bagus untuk kulit. Kulit akan menjadi mudah terinfeksi dan juga iritasi. Dokter sendiri pun menyarankan  jika mencuci muka ini cukup dua kali sehari. Namun jika Anda sering aktivitas di luar ruangan Anda bisa menambahkan frekuensi mencuci muka ini. Bisa dilakukan setelah aktivitas outdoor Anda selesai.

Masker yang Kotor

Di masa pandemi seperti saat ini masker menjadi proteksi diri yang penting untuk digunakan. Tidak menggunakan masker bisa membuat Anda didenda dan berpotensi tertular virus. Jika Anda menggunakan masker kain dan bukan masker sekali pakai ada baiknya jika Anda mencuci masker tersebut. Hindari menggunakan masker yang sama seharian penuh karena berpotensi menyebabkan jerawat. Masker kain hanya boleh dipakai selama 4 jam saja dan segera ganti dengan masker yang bersih setelahnya.

Tempat Tidur yang Kotor

Selain membuat badan gatal tempat tidur yang kotor ini juga bisa menyebabkan Anda mudah mengalami jerawat. Semua benda yang bersentuhan langsung dengan kulit Anda ini harus bersih termasuk sprei, sarung bantal, guling dan lain sebagainya. Hal itu dikarenakan benda-benda tersebut menjadi sarang kuman dan bakteri. Bakteri yang ada di benda tersebut akan berpindah ke kulit Anda kemudian bisa menimbulkan jerawat.

Kosmetik Sembarangan

Kosmetik ini menjadi barang yang wajib ada dan dimiliki oleh para kaum wanita. Sayangnya masih ada beberapa wanita yang tergiur dengan kosmetik yang murah dan abal-abal. Kosmetik abal-abal ini akan menyebabkan kulit wajah justru menjadi buruk. Jangan sampai  kosmetik tersebut membuat wajah Anda memiliki banyak jerawat dan breakout. Untuk mendapatkan make up atau kosmetik yang tepat ini Anda bisa memilih yang sesuai dengan kulit wajah Ada selain itu penting memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya. Bahan yang berbahaya cepat maupun lambat ini akan membuat kulit Anda rusak. Bahkan dalam jangka panjang berpotensi untuk menyebabkan kanker kulit. Pastikan jika kosmetik yang Anda pilih ini tidak ada kandungan lanolin, mineral, petroleum dan juga isopropyl myristate.

Jarang Scrubbing

Faktor penyebab jerawat terakhir adalah jarang scrubbing yaitu membersihkan wajah dengan menggunakan scrub wajah. Peeling ini memiliki butiran scrub yang kasar berbeda dengan facial foam yang lembut. Fungsi butiran scrub inilah yang akan mengangkat sel kulit mati yang ada di kulit wajah Anda. Tidak hanya itu saja, peeling ini juga bisa mengangkat komedo maupun kotoran yang masuk ke dalam pori-pori kulit wajah Anda sehingga jerawat dan masalah kulit lainnya bisa teratasi dengan baik. Mencuci wajah secara teratur saja tidak cukup, namun Anda membutuhkan peeling seminggu sekali agar kotoran dan komedo terangkat dengan sempurna. Peeling ini tidak boleh dilakukan setiap hari karena justru membuat kulit wajah Anda menjadi tipis. Demikianlah beberapa faktor penyebab jerawat yang jarang kita sadari, semoga informasi ini bermanfaat. 

Published by Nirwan

Nirwan is a member of SEO Team at MySkin.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Bicara dengan produk spesialis disini!