fbpx

mySkin

Apakah Kulit Bruntusan Boleh di Scrub?

Kulit Bruntusan boleh di scrub atau tidak ? Pertanyaan ini tentunya sering muncul terutama saat seseorang sedang mengalami wajah bruntusan.

Saat muncul jerawat, biasanya tidak sedikit orang yang langsung mencoba berbagai macam cara agar wajah bisa kembali menjadi bersih. Salah satunya yaitu mencoba melakukan scrub pada wajah yang sedang bruntusan. Secara umum kita mengetahui bahwa fungsi scrub itu adalah untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang sulit diangkat.

Namun banyak orang yang menjadi bingung juga terhadap butiran yang ada pada scrub apakah dapat berdampak baik atau berdampak buruk pada kulit berjerawat ?

Lalu jika kita tetap memakai scrub saat bruntusan apakah cara ini benar-benar efektif untuk mengobati jerawat pada wajah ?

Untuk mengetahui lebih jelas kita perlu mengetahui dahulu apa itu sebenarnya scrub.

Pengertian Scrub

Scrub dalam bahasa inggris memiliki arti “membuang” yang dalam dunia perawatan kulit itu artinya produk skincare yang bisa membantu untuk mengelupas kulit.

Produk scrub biasanya memiliki kandungan bahan yang bisa mempercepat pengangkatan sel kulit mati hanya dengan cara pengolesan pada permukaan kulit saja.

Saat di oleskan biasanya akan terasa butiran-butiran seperti pasir yang sebenarnya itu adalah beberapa bahan seperti kulit almond, tepung kernel aprikot, atau butiran lainnya.

Penggunaan scrub secara rutin dapat membuat kulit lebih cerah dan terasa halus karena sel-sel kulit mati telah tergantikan dengan sel kulit yang baru.

Apakah Wajah Bruntusan Boleh di Scrub?

Meskipun bisa menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah, namun pada kulit bruntusan ternyata memakai scrub bukanlah cara yang efektif.

Penggunaan scrub saat sedang terkena jerawat bruntusan malah dapat memperparah kondisi kulit wajah. Hal ini dapat terjadi meskipun scrub dapat mengurangi komedo dan bisa membersihkan pori-pori kulit wajah yang tersumbat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Wajah Bruntusan

Wajah berjerawat yang di scrub tetap tidak akan hilang secara efektif karena cara kerja scrub sebenarnya hanya berefek pada permukaan kulit saja.

Sedangkan bagian dalam kulit akan tetap kotor sebab scrub tidak mampu menembus kebagian dalam pori-pori tempat munculnya jerawat.

Dari sini kita bisa mengetahui bahwa penggunaan produk scrub pada kulit wajah yang bruntusan sangatlah tidak efektif.

Efek Kulit Bruntusan di Scrub

Apa jadinya jika kita tetap menggunakan scrub saat sedang terkena bruntusan jerawat pada wajah ?

Pastinya kulit wajah yang berjerawat itu akan semakin parah karena butiran kasarnya yang ada pada scrub.

Penggunaan Scrub memiliki efek kulit yang dapat menyebabkan peradangan atau inflamasi yang bisa membuat lebih banyak lagi jerawat.

Efek kulit bruntusan yang tetap di scrub akan menyebabkan iritasi dan kemerahan sehingga akan membuat breakout pada wajah.

Hal ini tentunya telah banyak dialami oleh pengguna scrub yang sedang terkena jerawat bruntusan. Meskipun demikian ada juga yang tetap memakai scrub meskipun sedang terkena bruntusan karena tidak memiliki efek yang berarti.

Kamu bisa coba sendiri karena banyaknya varian produk scrub yang beredar memiliki efek yang berbeda pula. Namun jika seandainya terjadi peradangan yang bisa membuat jerawat semakin parah, maka segera hentikan pemakaian scrub sampai jerawat bruntusan itu benar-benar hilang dari wajah.

Cara Merawat Wajah Bruntusan Tanpa Scrub

Menggunakan scrub saat sedang bruntusan memang sangat tidak direkomendasikan, karena itu kita perlu membersihkan wajah dengan produk pembersih khusus.

Carilah produk Eksfoliasi yang tidak memiliki kandungan butiran kasar seperti produk scrub agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit berjerawat.

Baca Juga: Perawatan Wajah Untuk Bruntusan

Dengan demikian kamu tetap bisa melakukan proses eksfoliasi seperti biasa agar sel-sel kulit mati bisa cepat berganti ke lapisan kulit yang baru.

Sebagai tips tambahan, pilihlah produk eksfoliator yang mengandung asam salisilat yang bisa mempercepat pengangkatan sel kulit mati.

Asam salisilat juga dapat berfungsi sebagai anti inflamasi atau bisa membantu untuk meredakan peradangan pada kulit wajah yang berjerawat.

Bentuk asam salisilat ini seperti bubuk kristal yang bisa larut ke minyak. Tidak seperti kebanyakan produk scrub, produk eksfoliasi yang mengandung asam salisilat tanpa butiran kasar ini mampu menembus untuk membersihkan pori-pori wajah.

Karena itulah asam salisilat sangat direkomendasikan dalam penggunaan perawatan kulit yang sedang bruntusan ataupun yang sedang berminyak.

Penggunaan Produk Untuk Kulit Berjerawat

Selain asam salisilat, beberapa kandungan yang terbukti ampuh untuk mengatasi kulit bruntusan yaitu benzoyl peroxide, dan gliserin.

Kedua senyawa ini mempunyai manfaat khusus untuk menangani wajah yang sedang berjerawat bruntusan.

Supaya bisa lebih efektif dan lebih cepat dalam menghilangkan bruntusan pada wajah, gunakanlah toner, serum, dan pelembab yang memang khusus untuk mengatasi kulit berjerawat.

Pastikan juga untuk menggunakan moisturizer dan suncreen secara rutin agar kulit bisa tetap terlindungi dari ancaman sinar UV dan radikal bebas.

Published by Ardian

Selalu tertarik pada hal-hal yang berbau teknologi dan kesehatan

× Bicara dengan produk spesialis