fbpx

mySkin

Bahaya Pemakaian Skincare Abal-Abal

Sekarang ini, memiliki tampilan wajah yang menarik tidaklah mudah. Kamu hanya perlu menggunakan skincare. Namun, kamu harus hari-hati dalam memilih skincare ya. Hal ini karena sudah banyak beredar skincare abal-abal.

Dengan adanya skin care palsu bisa merusak wajah bahkan bisa berdampak pada kesehatan. Hal ini karena takaran bahan kimia yang digunakan melebihi batas dan biasanya mengandung bahan yang berbahaya, seperti merkuri. 

Merkuri adalah unsur kimia yang biasanya terdapat pada produk skin care yang belum memiliki izin dari BPOM. Di mana biasanya merkuri terdapat pada skin care yang berupa sabun serta krim untuk memutihkan wajah maupun tubuh. 

Nah, jika kamu menggunakan skincare yang mengandung merkuri, proses kerja skincare dalam memutihkan akan berlangsung dengan cepat. Namun, tahukah kamu, jika kandungan merkuri yang cepat memutihkan wajah sangat berbahaya bahkan sangat berbahaya untuk kesehatan? 

Sehingga, sudah bisa disimpulkan bukan jika skincare abal-abal itu sangat berbahaya bagi kamu, kita dan semua yang memakainya. Lalu, apa saja sih bahaya pemakaian skincare palsu atau abal-abal?

Bahaya Pemakaian SkinCare Abal-Abal

Menimbulkan Alergi pada Kulit

Salah satu dampak negatif dari pemakaian skin care abal-abal atau palsu adalah skincare tersebut bisa menimbulkan alergi pada kulit, biasanya ditandai dengan muncul bercak merah pada kulit wajah.

Lebih parahnya lagi timbulnya alergi bisa ditandai dengan adanya rasa panas seperti sensasi terbakar pada kulit. Kemudian, kulit wajah yang mengelupas juga bisa loh tanda-tanda kulit wajah tersebut mengalami alergi.

Apabila elama pemakaian kamu mengalami tanda-tanda alergi kulit seperti yang telah disebutkan di atas, maka ada segera hentikan pemakaian skincare tersebut dan segera berkonsultasi dan berobat pada dokter kulit.

Mengalami Break Out

Ada berbagai macam skin care. Salah satunya adalah untuk mengatasi atau menghilangkan jerawat yang muncul pada wajah. Nah, bagaimana jika kamu berusaha menghilangkan jerawat dengan skin care, namun skin care tersebut justru menambah banyak jerawat atau disebut dengan break out?

Hal ini bisa terjadi karena kulit kamu sensitif lebih parahnya lagi skincare yang kamu pakai tidaklah asli atau abal-abal. Untuk itu, jika kamu ingin mengatasi masalah wajah berjerawat, sebaiknya pergilah ke dokter kulit. 

Kenapa harus pergi ke dokter kulit? Pertama, kamu bisa berkonsultasi tentang wajah jerawat kamu, sehingga dokter tersebut bisa memberikan obat jerawat yang cocok untuk kamu pakai. Kemudian, obat jerawat dari dokter kulit sudah terjamin keasliannya dan sudah mendapatkan izin dari BPOM. 

Wajah Putih tidak Normal dan Memerah Jika Terkena Sinar Matahari

Selanjutnya, jika kamu memakai skincare abal-abal, khususnya krim pemutih wajah, wajah kamu akan putih dengan cepat. Namun, wajah putih yang kamu dapatkan tidaklah baik dan tidak normal.

Bukan hanya itu saja, pemakaian skincare abal-abal untuk memutihkan wajah juga bisa membuat wajah tampak memerah bahkan saat terkena sinar matahari. Nah, jika pemakaian skin care tersebut tidak dihentikan, maka wajah kamu bisa terkena infeksi loh. Jadi, be careful ya. 

Kulit Kusam

Memang benar, pemakaian skin care abal-abal membuat kulit menjadi cerah dengan cepat. Namun, hal itu justru berdampak tidak baik untuk kulit wajah loh. Salah satunya wajah terlihat lebih kusam. Hal ini karena skin tersebut mengandung bahan berbahaya seperti merkuri atau hidrokuinon

Skincare yang mengandung merkuri justru nantinya membuat kamu ketergantungan, dan ketika kamu berhenti memakainya, wajah kamu terlihat kusam, bahkan muncul bercak atau noda hitam pada wajah kamu.

Menimbulkan Penyakit Ginjal

Selanjutnya, pemakaian skincare yang abal-abal bisa loh berdampak pada kesehatan. Salah satu contohnya adalah menimbulkan penyakit ginjal. Hal ini karena bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam skincare abal-abal akan menyerap dalam tubuh, dan bisa membuat kerusakan pada ginjal hingga gagal ginjal.

Menyebabkan Kanker Kulit

Pemakaian skin care abal-abal dalam jangka panjang juga bisa loh menyebabkan kanker kulit. Hal ini dikarenakan bahan berbahaya yang terkandung di dalamnya bisa menumpuk pada jaringan kulit, merusak jaringan kulit tersebut, dan pada akhirnya bisa menimbulkan kanker kulit.

Sangat mengerikan bukan dampak yang didapatkan dari pemakaian skincare abal-abal? Untuk itu, kamu harus jeli dalam memilih skin care. Pilihlah skin care yang sudah mendapatkan izin edar dari BPOM. Selain itu, konsultasikan ke dokter kulit terlebih dahulu, agar skincare tersebut tepat untuk mengatasi masalah kulit wajah kamu. Perawatan jerawat yang diberi dari dokter kulit juga BPOM certified, seperti di mySkin.id.

Published by Nirwan

Nirwan is a member of SEO Team at MySkin.

× Bicara dengan produk spesialis