fbpx

mySkin

Kegiatan Ini Biang Penyebab Jerawat

Kulit kita memiliki lubang yang mana disebut dengan folikel. Folikel ini banyak disebut sebagai pori-pori. Folikel atau pori-pori ini bisa tersumbat yang mana diakibatkan oleh minyak, bakteri, sel kulit mati maupun kotoran yang menempel di kulit wajah. Folikel yang tersumbat inilah yang kemudian menyebabkan jerawat. Jerawat tidak boleh dianggap remeh karena selain mengganggu penampilan juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Jerawat harus ditangani dengan baik agar tidak menimbulkan peradangan kulit yang lebih parah. Terutama untuk jerawat yang sudah bernanah.  Jika Kamu mengalami jerawat yang berulang-ulang ini ada baiknya jika Kamu tahu apa saja yang menjadi penyebab jerawat seperti berikut ini:

Jarang Membersihkan Kulit

Bagi Kamu yang memiliki kulit berminyak mudah sekali bagi Kamu untuk memiliki kulit yang berjerawat. Kulit berminyak ini akan memudahkan kotoran menempel pada kulit wajah, tidak hanya itu saja produksi minyak yang berlebih ini bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dengan minyak sehingga menyebabkan jerawat tersebut muncul. Hal ini akan diperparah jika jarang membersihkan kulit dimana kotoran tersebut akan semakin menumpuk setiap harinya.  Untuk mengatasi hal ini ada baiknya jika Kamu rajin membersihkan kulit saat pagi dan malam hari menjelang tidur karena dengan membersihkannya kulit secara teratur kotoran dan minyak yang ada di kulit akan terangkat dengan sempurna.

Kebiasaan Make Up Setiap Hari

Penyebab jerawat selanjutnya adalah kebiasaan menggunakan make up yang tebal. Pori-pori kulit wajah membutuhkan udara setiap harinya dengan menggunakan make up pori-pori wajah menjadi tidak bernapas. Make up tersebut juga bisa menyumbat pori-pori wajah Kamu. Menggunakan make up ini boleh-boleh saja namun hal yang harus Kamu perhatikan adalah kesehatan kulit Kamu sehabis make up. Bersihkan wajah Kamu setelah make up agar pori-pori wajah Kamu bisa bernafas dengan lega. Tidak membersihkan make up juga berisiko memunculkan jerawat di kulit Kamu. Oleh sebab itu ada baiknya jika sebelum tidur Kamu membersihkan kulit dengan make up remover, setelah itu bisa juga dilanjutkan dengan menggunakan cleanser dan facial foam. Jangan membiasakan tidur dengan kondisi masih menggunakan make up karena ini tidak bagus untuk kulit Kamu.

Hormon

Supaya kesehatan dan kecantikan kulit ini terjaga penting untuk menjaga hormon tetap stabil. Namun bagi perempuan kadar hormon tersebut tidak stabil terutama saat memasuki periode menstruasi. Saat itu berbagai macam keluhan akan muncul termasuk jerawat.  Saat memasuki periode ini pergantian sel kulit mati melambat sehingga kulit terasa kusam, produksi minyak menjadi berlebih, dan hormon androgen meningkat. Hal ini yang nantinya bisa menyebabkan bakteri penyebab jerawat mudah dalam berkembang biak.

Masalah Kesehatan

Yang menyebabkan jerawat ini tidak melulu berhubungan dengan kebersihan dan perawatan kulit yang buruk saja namun juga berhubungan dengan masalah kesehatan yang perlu ditindaklanjuti secara medis. Contohnya adalah seseorang yang mengalami stress rentan untuk mengalami jerawat ini. Tidak hanya itu saja seseorang yang mengalami masalah gangguan hormon ini akan membuat kulit mudah berjerawat seperti PCOS, kehamilan dan sebagainya.

Masalah Pencernaan

Orang yang mudah berjerawat bisa jadi ada gangguan pada pencernaannya seperti usus yang terganggu. Selain itu konsumsi gula yang tinggi ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan pada usus dan kemudian membuat kulit berjerawat.

Efek Samping Obat

Mengkonsumsi obat tertentu ini juga bisa menyebabkan kulit menjadi mudah berjerawat. Salah satu obat yang bisa menyebabkan kulit menjadi berjerawat adalah obat antibiotik dan juga obat hormonal. Obat hormonal ini akan membuat hormon stabil selain itu untuk obat antibiotik ini bisa menyebabkan efeknya buruk ke kulit. 

Pola Makan Tidak Sehat

Yang bisa menyebabkan seseorang mengalami jerawat parah adalah mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Merawat kulit ini tidak hanya dari luar saja namun juga harus dari dalam. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak dan juga berlemak ini akan membuat kesehatan kulit terganggu. Selain itu memakan junk food berlebihan akan menyebabkan kulit menjadi mudah berjerawat. Untuk menjaga kesehatan kulit Kamu penting untuk memakan buah dan sayur setiap hari, konsumsi air putih yang cukup. Kamu juga bisa memakan makanan yang kaya akan vitamin E tinggi seperti buah alpukat untuk membuat kulit sehat, kenyal dan juga lembab.

Kurang Tidur

Hal yang membuat kulit Kamu menjadi mudah berjerawat adalah sering begadang. Tidak hanya perawatan kulit dari luar saja yang bisa Kamu lakukan namun harus mengubah gaya hidup yang lebih sehat. Selain menyebabkan kulit berjerawat, bergadang ini juga bisa menyebabkan kulit kusam, dan juga berbagai macam masalah kesehatan yang lainnya.

Gejala Jerawat

Ada beberapa gejala umum jerawat yang penting untuk diketahui. Gejala umum tersebut berupa benjolan dengan warna kemerahan atau kekuningan dan mengandung nanah. Adanya sensasi panas atau terbakar di kulit yang ada jerawat tersebut, setelah itu dibarengi dengan rasa gatal yang muncul pada benjolan. Jika terdapat peradangan akan muncul nanah dan rasa nyeri pada benjolan tersebut. https://vradiofm.com/uploads/news/qwqq-482ecdb9e8fe997ac6b5f9c1e767553b_600x400.jpg 

Faktor Risiko

Baik pria maupun wanita berisiko dengan jerawat ini. Namun ada beberapa orang yang dipercaya bisa mengalami jerawat di dalam hidupnya seperti anak remaja yang memiliki perubahan hormon, wanita yang mengalami gangguan hormonal seperti kehamilan dan  lain sebagainya. Orang dengan gaya hidup dan pola makan tidak sehat berisiko mengalami jerawat, seseorang yang mengalami gangguan kesehatan baik fisik maupun psikis juga akan sering mengalami masalah dengan jerawat ini. Bekerja secara outdoor juga membuat seseorang mengalami jerawat dibandingkan yang bekerja secara indoor. Penyebab jerawat ini berbeda antara satu orang dengan yang lainnya, jika Kamu sudah merawat kulit dengan baik namun masih timbul jerawat Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut.

Published by Nirwan

Nirwan is a member of SEO Team at MySkin.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Bicara dengan produk spesialis disini!