fbpx

mySkin

Cara Mengatasi Efek Purging

Rasanya hampir tidak mungkin kalau kita hanya terus menggunakan satu produk skincare saja. Dengan semakin banyaknya varian produk yang beredar, pastinya kita akan tergoda untuk mencoba atau menggantinya dengan skincare yang baru.

Saat kamu memutuskan untuk mencoba skincare yang baru, itu berarti komposisi dan kandungan bahan aktif nya juga berbeda dari skincare yang lama.

Sehingga bukan tidak mungkin lagi kalau kondisi kulit mendadak bisa muncul jerawat. Penyebab munculnya jerawat ini memang ada hubungannya dengan penggunaan skincare yang baru.

Namun kamu sama sekali tidak perlu khawatir karena belum tentu produk skincare yang digunakan tidak cocok. Bisa saja ini hanya lah efek purging yang membutuhkan waktu untuk adaptasi terhadap kulit wajahmu.

Ada beberapa cara mengatasi efek purging yang efektif agar bisa membantu untuk mengurangi timbulnya jerawat pada wajah.

Berikut ini tips-tips yang bisa kamu coba selama kulit wajahmu memasuki fase purging yang biasanya terjadi selama 1 – 1,5 bulanan.

5 Cara mengatasi efek purging yang efektif

cara mengatasi efek purging

1. Tetap Menggunakan Skincare Baru Tersebut

Lanjutkan pemakaian skincare yang baru tersebut meskipun bisa menimbulkan jerawat yang disebabkan oleh efek purging.

Jangan langsung terburu-buru untuk menilai apakah ini efek yang berasal dari purging atau breakout. Sebab pada fase awal memang sedikit sulit untuk membedakan apakah skincare baru tersebut memiliki efek purging atau memang karena tidak cocok (breakout).

Untuk bisa mengetahui efek purging dengan jelas, pada umumnya memerlukan waktu yang tidak sebentar (membutuhkan sekitar 4 – 6 mingguan). Barulah setelah itu kamu bisa menilai dengan jelas hasilnya, apakah ada pemulihan atau malah justru sebaliknya semakin memburuk.

2. Gunakan Skincare Secara Bertahap

Selama efek purging, kulit pada wajahmu sebenarnya sedang mengalami penyesuaian terhadap bahan aktif yang ada di produk skincare barumu.

Nah, supaya bisa membantu mengurangi jerawat yang timbul, sebaiknya gunakan produk skincare tersebut secara bertahap.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Puring & Lama Prosesnya

Coba perhatikan kandungan yang ada pada skincare yang sedang kamu pakai, apakah mengandung bahan aktif seperti retinoid, AHA, atau BHA ?

Kandungan bahan aktif tersebut biasanya yang menyebabkan kulit wajah menjadi berjerawat karena membutuhkan waktu untuk penyesuaian.

Selama fase purging, oleskan sedikit saja ke kulit wajah terutama saat pertama kali menggunakan skincare baru. Selain penggunaan dosis yang sedikit dari normal, kamu juga hanya perlu menggunakan nya sebanyak 2x seminggu saja.

Barulah setelah itu bisa ditingkatkan bertahap menjadi 3x seminggu dan begitu seterusnya. Dengan demikian kulit wajah bisa beradaptasi menggunakan skincare baru tersebut.

3. Memakai Sunscreen

Paparan sinar matahari yang mengenai kulit selalu menjadi ancaman yang serius. Dengan menggunakan sunscreen secara rutin, sangat efektif dapat membantu proses percepatan efek purging.

Pilih sunscreen yang memiliki kualitas bagus agar ketika digunakan tidak menyumbat pori-pori kulit wajah.

Untuk mendapat perlindungan maksimal, pastinya pilih jenis sunscreen yang sudah SPF 30 PA++ agar bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari.

4. Hindari atau Kurangi Penggunaan Makeup

Selain penggunaan skincare baru, penggunaan makeup yang berlebihan juga bisa memperburuk kondisi jerawat pada kulit wajah.

Sebisa mungkin hindari atau jangan gunakan makeup yang berlebihan selama kulit wajah kamu dalam masa purging.

Penampilan memang penting, namun kesehatan kulit jauh lebih penting agar hasilnya nanti bisa maksimal. Jika kamu tetap memaksa untuk menggunakan makeup tebal selama purging, maka kondisi jerawat bisa semakin parah dan menjadi susah untuk disembuhkan.

5. Tangan Jangan Menyentuh Wajah

Timbulnya jerawat pada wajah memang dapat membuat kita untuk ingin memencetnya agar bisa segera hilang. Selain itu rasa gatal yang timbul pada kulit wajah juga bisa membuat kita untuk ingin terus menggaruk dengan jari tangan.

Hindari sebisa mungkin agar tangan tidak menyentuh wajah, baik itu hanya untuk menggaruk atau memencet jerawat yang ada di permukaan kulit wajah.

Hal itu hanya akan membuat bekas luka atau goresan pada wajah menjadi susah untuk hilang. Untuk bisa menghilangkan gatal pada jerawat agar kita tidak menggaruknya, kamu bisa lakukan hal-hal berikut ini.

Pertama bersihkan wajah secara teratur sehingga kotoran pada wajah bisa hilang dan rasa gatal pun juga bisa ikut hilang.

Kedua, kurangi pemakaian makeup terutama saat wajah sedang berjerawat. Hal ini merupakan salah satu cara efektif agar bisa mengurangi rasa gatal pada wajah, sehingga tangan kita tidak akan menggaruk wajah sama sekali.

Itulah beberapa cara mengatasi efek purging yang bisa kamu coba sendiri. Setelah 1 bulanan, kamu bisa lihat sendiri hasilnya kulit akan kembali normal. Namun jika tidak kunjung membaik, berarti kulit wajahmu memang tidak cocok dengan skincare baru yang kamu gunakan tersebut.

Published by Ardian

Selalu tertarik pada hal-hal yang berbau teknologi dan kesehatan

× Bicara dengan produk spesialis