fbpx

mySkin

Cara Mengatasi Wajah Breakout Yang Efektif

Bagaimana cara mengatasi breakout pada wajah ketika menggunakan skincare baru ? Jika muncul jerawat pada kulit wajah ketika berganti produk skincare, itu berarti menandakan adanya ketidakcocokan terhadap reaksi kulit di wajah.

Hal ini sudah sangat umum terjadi dalam dunia perawatan kulit, jadi kamu tidak perlu khawatir jika sedang mengalami jerawat pada wajah.

Setidaknya ada beberapa cara mengatasi breakout pada wajah yang bisa kamu coba agar bisa segera mereda.

Cara Mengatasi Wajah Breakout Ketika Mencoba Skincare Baru

1. Identifikasi Penyebab Jerawatmu Dengan Lebih Jelas

Jika tiba-tiba muncul jerawat yang parah pada jerawat terutama setelah pergantian produk skincare, sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakah itu memang breakout atau hanya purging ?

Gejala breakout dan purging memang memiliki kemiripan di awal, yaitu sama-sama timbul jerawat pada wajah. Jadi jangan terburu-buru untuk langsung membuang dan mengganti produk skincare yang baru lagi. Karena hal itu hanya akan memboroskan pengeluaran yang tidak perlu.

Purging merupakan proses regenerasi sel kulit mati ke sel kulit baru disertai dengan timbulnya jerawat. Hal ini terjadi sebab kulit wajah akan bereaksi saat mengeluarkan kotoran dan minyak yang dibuang ke permukaan sehingga bisa timbul jerawat.

Baca Juga: Ini Perbedaan Purging & Breakout, Jangan Sampai Salah!

Fase purging secara umum bisa terjadi antara 4 hingga 6 minggu dan setelahnya akan disertai dengan hilangnya jerawat pada wajah. Setelah berhasil melewati fase purging biasanya kondisi kulit wajah akan jauh lebih membaik.

Sedangkan jika setelah lebih dari 6 minggu kondisi kulit wajah masih juga berjerawat dan tidak ada tanda-tanda pemulihan maka bisa dipastikan itu adalah kondisi breakout.

Dalam tahap ini barulah kamu bisa menghentikan produk skincare yang digunakan sekarang dan bisa menggantinya dengan produk yang baru.

2. Kompres Jerawat Dengan Es Batu

Kamu bisa gunakan es batu untuk membantu meredakan jerawat pada wajah akibat breakout. Gunakan es batu yang dibalut dengan kain bersih lalu tempelkan secara perlahan pada kulit wajah yang berjerawat.

Pastikan air yang digunakan untuk membuat es batu bukanlah air kotor yang malah bisa memperparah kondisi jerawat pada wajah. Selain itu pastikan juga kain yang digunakan untuk kompres wajah juga sudah steril dari keberadaan kuman dan bakteri merugikan.

Jangan sampai akibat dari penggunaan kain dan air yang tidak bersih malah bisa menyebabkan jerawat yang lebih parah.

3. Memakai Skincare Secara Bertahap

Cara menggunakan skincare pada kondisi kulit wajah normal dengan kondisi kulit saat berjerawat tentunya tidak sama.

Baca Juga: Kenali Ciri Breakout Pada Wajah

Jangan langsung mengoleskan skincare dalam jumlah banyak saat kondisi berjerawat, tetapi kurangi jumlahnya agar kulit wajah punya kesempatan untuk beradaptasi.

Selain itu kurangi juga frekuensi nya dalam penggunaan produk skincare mu. Misal jika dalam kondisi normal kamu bisa gunakan setiap hari, maka dalam kondisi berjerawat kamu bisa kurangi menjadi 2 kali saja dalam seminggu.

Setelah kondisi membaik, barulah kamu bisa menambah nya menjadi 3 kali seminggu atau lebih secara bertahap.

4. Wajib Menggunakan Pelembab

Supaya breakout tidak semakin parah, gunakan pelembab agar kulit wajah bisa mendapatkan perawatan ekstra. Dengan rutin memberikan pelembab setiap pagi dan malam setiap harinya, kondisi kulit wajah pastinya dapat lebih membaik.

Jenis pelembab yang beredar di pasaran pun ada banyak, karena itu pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit wajah agar tidak menimbulkan minyak berlebih saat melakukan aktivitas.

Gunakan pelembab yang mengandung water based atau aloe vera untuk kulit wajah yang berminyak. Sebaliknya untuk kulit wajah yang cenderung kering dapat menggunakan jenis pelembab yang menggunakan oil based.

5. Memakai Sunblock Untuk Perlindungan Sinar UV

Jangan biarkan kulit pada tubuh mu sampai terkena paparan sinar UV matahari meskipun hanya sebentar. Selalu gunakan sunblock agar kulit bisa mendapatkan lapisan perlindungan ekstra sehingga tidak terkena radiasi sinar matahari yang bisa menyebabkan kerusakan kulit.

Waktu yang tepat untuk menggunakan sunblock yaitu setiap pagi hari dan siang hari, atau bisa juga memakainya kembali apabila dirasa sudah luntur.

Perlu di ingat juga bahwa sunblock akan mudah luntur jika kamu mencuci kulit mu dengan air, sehingga setelah mencuci sebaiknya langsung mengolesinya kembali dengan sunblock.

6. Berpantang Makanan Tertentu

Saat muka sedang breakout, sebaiknya hindari makanan junk food agar jerawat tidak semakin parah. Makanan yang mengandung tinggi lemak biasanya akan mengakibatkan penyumbatan pada pori-pori wajah yang dapat memperburuk jerawat.

Baca Juga: Hindari Makanan Ini Yang Dapat Menyebabkan Peradangan Jerawat

Selain junk food, saat muka sedang breakout sebaiknya juga menghindari asupan makanan dari produk-produk susu. Susu memiliki gizi yang tinggi, namun tidak cocok diminum saat sedang breakout.

Mengkonsumsi susu dapat membuat peradangan dan mempengaruhi hormon tertentu yang berdampak pada tumbuhnya jerawat pada kulit wajah.

Sebagai gantinya agar tubuh tetap mendapatkan asupan yang bergizi selama muka breakout, kamu bisa mulai secara rutin untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran setiap harinya.

Published by Ardian

Selalu tertarik pada hal-hal yang berbau teknologi dan kesehatan

× Bicara dengan produk spesialis