fbpx

mySkin

5 Cara Menjaga Kelembapan Wajah Saat Puasa

Menjaga kelembapan wajah saat puasa ini sangat penting. Saat puasa ini berbagai macam masalah akan muncul dan yang paling terasa adalah kulit yang kasar dan kering. Kurangnya asupan makanan dan minuman ini mempengaruhi kondisi kulit Anda.  Tidak hanya itu saja pola makan yang salah dan jam tidur yang berubah juga sangat berpengaruh terhadap kulit Anda.  Supaya terlihat tetap cantik, fresh, dan bugar di bulan puasa, simak beberapa cara menjaga kelembapan wajah saat puasa seperti berikut ini:

Cukupi Kebutuhan Air Putih

Selama ini khasiat tentang air putih sudah banyak diketahui. Sayangnya masih sedikit yang mencukupi kebutuhan air putih selama puasa ini. Pola dan jam makan yang berubah saat puasa ini dipercaya membuat orang kekurangan cairan sehingga membuat kulit kering, kusam bahkan bersisik.

Agar mendapatkan kulit yang lembab, sehat dan kenyal Anda bisa mencukupi kebutuhan air putih. Anda bisa minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Untuk pembagiannya Anda bisa meminum dua gelas di saat sahur, kemudian dua gelas saat buka puasa. Yang terakhir adalah empat gelas di waktu malam hari. Dengan begitu kebutuhan cairan di dalam tubuh Anda akan tetap terpenuhi.  Di waktu-waktu tersebut usahakan untuk selalu menyediakan air putih agar tubuh tetap terhidrasi.

Yang tidak disarankan adalah batasi konsumsi minuman yang bisa menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi. Minuman yang bisa menyebabkan dehidrasi adalah yang mengandung kafein tinggi seperti kopi dan teh. Minuman tersebut juga sifatnya adalah diuretik sehingga membuat Anda mudah buang air kecil.

Cukupi Buah dan Sayur, Serta Hindari Gorengan

Cara menjaga kelembapan wajah saat puasa yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah konsumsi buah dan sayur yang cukup.  Apa yang Anda makan ini tidak hanya mempengaruhi kesehatan Anda namun juga mempengaruhi kecantikan kulit Anda. Jika ingin mendapatkan kulit yang lembab, sehat dan kenyal maka sudah seharusnya menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Selama puasa buah dan sayur ini sangat bagus untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit Anda selama berpuasa. Dalam buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit. Selain itu mengandung air yang mana bisa menjadi tambahan cairan untuk tubuh Anda.

Makanan yang harus Anda hindari adalah gorengan. Makanan yang mengandung minyak ini kurang baik untuk dikonsumsi karena bisa membuat tubuh Anda dehidrasi. Kandungan minyak pada gorengan juga bisa memicu produksi minyak di kulit berlebih Anda sehingga menimbulkan berbagai macam masalah kulit yang lainnya.

Rajin Bersihkan Wajah

Cara yang bisa Anda lakukan adalah rajin membersihkan wajah. Rutin membersihkan wajah ini penting agar kotoran dan minyak yang menempel di wajah bisa terangkat. Gunakan pembersih wajah yang memang cocok untuk kulit Anda. Kenali tipe kulit Anda terlebih dahulu baru Anda bisa menemukan pembersih yang cocok untuk kulit Anda. Yang harus Anda perhatikan adalah jangan terlalu sering membersihkan wajah karena bisa menyebabkan kelembaban wajah menjadi berkurang.

Gunakan Moisturizer

Cara menjaga kelembapan wajah saat puasa yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah gunakan moisturizer pada wajah Anda. Sebelum menggunakannya pastikan jika wajah Anda terbebas dari debu dan kotoran. Tidak hanya perawatan dari dalam saja yang bisa Anda lakukan namun perawatan dari luar ini juga tidak kalah pentingnya.

Hindari Begadang dan Mandi Air Hangat

Begadang akan membuat kondisi kulit Anda selama puasa ini buruk. Selain beresiko terhadap kesehatan juga menyebabkan kulit berjerawat dan lain sebagainya. Tidurlah yang cukup selama puasa ini untuk menjaga kebugaran dan juga kecantikan kulit Anda selama puasa. Selain itu hindari mandi dengan air hangat. Mandi menggunakan air hangat ini memang bisa membuat tubuh Anda rileks namun bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

Pentingnya Menjaga Kelembaban Wajah Ketika Puasa

Saat puasa ini wajib untuk menjaga kelembaban wajah agar Anda semakin percaya diri, selalu terlihat segar, fresh dan juga bugar. Wajah ini menjadi bagian tubuh yang pertama kali dilihat orang lain.

Anda tidak ingin terlihat kusut dan kurang bersemangat di depan orang lain bukan? terlebih lagi bagi Anda yang kerjanya harus bertemu dengan orang banyak tentu wajah yang lembab dan terlihat fresh ini bisa mendukung kelancaran kerja Anda. Membiarkan wajah kering terus menerus juga bisa menyebabkan kulit mudah keriput sehingga mempengaruhi kecantikan kulit Anda.

Dengan melakukan cara menjaga kelembapan wajah saat puasa diatas Anda bisa tetap tampil cantik, fresh dan percaya diri, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Published by Rifzan Ahmad

Rifzan Ahmad is a content writer, experienced as writer since 2012, currently He has active as Team Manager at Writergudeg.

× Bicara dengan produk spesialis