fbpx

mySkin

Cara Menyingkirkan Pori-pori Wajah Besar yang Mengganggu Penampilan

Selain munculnya jerawat, pori-pori wajah yang besar ternyata kerap kali mengganggu penampilan seseorang baik itu pria maupun wanita. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena pori-pori dengan ukuran besar ternyata dapat meruntuhkan kepercayaan diri seseorang. Itulah mengapa tidak sedikit dari pria maupun wanita mencari cara untuk mengecilkannya.

 

Pori-pori yang terdapat pada wajah memiliki fungsi sebagai jalan keluar dari toksin atau racun dari dalam tubuh, bertugas untuk meregulasi suhu tubuh hingga dapat melembabkan kulit wajah. Tetapi apabila terdapat tumpukan kotoran, minyak maupun bekas make-up dimana dapat menutup pori-pori sehingga dapat menimbulkan berbagai macam masalah pada jerawat. 

Akibat dari sumbatan yang terjadi pada pori-pori itulah maka dapat menyebabkan timbulnya jerawat maupun komedo. Penyebab pori-pori pada wajah besar ternyata juga dapat disebabkan oleh faktor lainnya seperti beberapa kebiasaan yang jarang disadari ternyata menjadi penyebab munculnya jerawat. Nah, berikut ini beberapa faktor dimana menyebabkan pori-pori di wajah menjadi besar. 

Faktor Penyebab Pori-Pori Membesar 

  1. Tidak membersihkan wajah dengan baik dan benar 

Salah satu kebiasaan dimana akan menyebabkan pori-pori memiliki ukuran besar adalah tidak membersihkan wajah dengan baik dan benar hingga bersih. Kebiasaan satu ini akan menyebabkan sisa makeup dan debu yang belum hilang dengan sempurna dapat terperangkap ke dalam pori-pori. 

Apabila sumbatan pada pori-pori tersebut dibiarkan secara terus menerus maka dapat memicu timbulnya komedo dan jerawat. Itulah sebabnya, kamu harus membersihkan wajah terlebih dahulu setiap pagi dan malam hari sebelum tidur.

  1. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi 

Makanan berminyak maupun berlemak memang memiliki daya pikat tersendiri bukan? tetapi tahukan kamu apabila makanan berlemak ternyata dapat menyebabkan pori-pori kamu menjadi besar karena kulit wajah kamu berminyak. 

Hal tersebut karena minyak yang berlebihan ternyata dapat menyebabkan pori-pori kamu tersumbat sehingga minyak tidak dapat dikeluarkan dengan baik. Akibatnya ukuran pori-pori akan semakin membesar. Itulah mengapa sebaiknya mengurangi konsumsi makanan berlemak. Cobalah lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. 

  1. Tidak menggunakan tabir surya 

Menjalani aktivitas di luar ruangan memang akan membuatmu terkena lebih banyak matahari bukan. terkena sinar matahari secara langsung ternyata dapat menjadi penyebab lainnya kesehatan kulit kamu terganggu. 

Untuk itulah, agar wajahmu tidak terkena risiko penuaan dini akibat dari sinar matahari maka dapat menggunakan tabir surya secara rutin. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan topi untuk menghindari adanya paparan sinar matahari secara langsung. 

  1. Menggosok wajah dengan cara kasar 

Masih ada lagi kebiasaan yang dapat menjadi faktor penyebab pori-pori menjadi besar yakni menggosok wajah terlalu kasar terutama ketika mengeringkan wajah kamu. Itulah mengapa sebaiknya apabila ingin mengeringkan wajah, maka hindari untuk menggosoknya. Cobalah untuk menepuk-nepuk wajah dengan halus. 

Bagaimana Cara Mengecilkan Pori-Pori pada Wajah yang Besar

Untuk mengecilkan pori-pori yang besar ternyata dapat dilakukan dengan cara mudah yakni dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi hingga menggunakan sejumlah cara berikut ini. 

  1. Cobalah lebih rutin untuk membersihkan wajah 

Adapun cara alami pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengecilkan pori-pori adalah dengan rutin membersihkan wajah yakni sebanyak 2 kali pada pagi maupun malam hari. Setelah seharian melakukan aktivitas, tentu kamu akan berkeringat dan terkena debu bukan? 

Agar tidak ada debu maupun bekas make-up yang menempel, maka kamu bisa lebih rutin untuk membersihkan wajah kamu. Ketika membersihkan wajah, pastikan apabila kamu memilih produk pembersih dimana sesuai dengan jenis kulit. Ada baiknya hindari memilih produk sabun bersifat comedogenic. 

  1. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, paparan sinar matahari secara langsung ternyata dapat menyebabkan pori-pori di wajah semakin besar. Itulah mengapa untuk tidak lupa menggunakan tabir surya SPF 30 atau lebih. 

Hal ini dapat membantu kamu agar tetap terlindungi dari paparan sinar matahari langsung. Perlu diingat apabila kulit wajah yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung ternyata tidak hanya menyebabkan pori-pori besar tetapi juga menghilangkan elastisitasnya. 

  1. Menggunakan es batu 

Penggunaan es batu ini ternyata menjadi salah satu cara yang banyak dipilih untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Es batu sendiri merupakan cara instan dimana dapat membantu mengecilkan pori-pori dengan cepat. Caranya cukup mudah, kamu bisa langsung mengambil es batu dan oleskan pada wajah selama kurang lebih 15 menit. 

  1. Menggunakan madu 

Selama ini madu memang dikenal sebagai salah satu bahan alami yang sangat berguna karena adanya kandungan anti-oksidan didalamnya. Kandungan inilah yang dapat mengangkat sel-sel kulit yang telah mati.

Selain itu, juga dapat mengecilkan pori-pori yang besar. Caranya sangat mudah, kamu bisa langsung menyiapkan 1 sdm madu dan langsung oleskan pada wajah hingga 30 menit. 

  1. Minyak Zaitun 

Kandungan berupa zat linoleic acid didalam minyak zaitun ternyata akan membantu menjaga kadar air yang ada didalam kulit wajah. Tidak hanya itu saja, kandungan antioksidan didalamnya ternyata dapat membantu melindungi sel dari adanya ancaman kerusakan. Itulah mengapa minyak zaitun ternyata menjadi salah satu cara efektif buat mengecilkan pori-pori. 

  1. Melakukan eksfoliasi 

Eksfoliasi wajah menjadi salah satu cara alami lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengecilkan pori-pori kamu. hal ini tidak lain karena eksfoliasi mampu menghilangkan sumbatan yang terdapat pada pori-pori. Lakukan eksfoliasi sebanya 1-2 kali dalam seminggu. 

Memiliki pori-pori dengan ukuran yang besar memang kerap kali menjadi masalah tersendiri karena dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Agar pori-pori wajah kamu mengecil, cobalah menggunakan cara diatas.

Published by Nirwan

Nirwan is a member of SEO Team at MySkin.

× Bicara dengan produk spesialis