fbpx

mySkin

Ciri Kulit Wajah Berminyak dan Cara Perawatan yang Benar

Kulit berminyak adalah salah satu, yang paling rentan mengalami masalah terutama jerawat. Kelebihan minyak pada kulit wajah terjadi ketika kelenjar sebasea yang terdapat pada kulit, menghasilkan minyak atau sebum berlebih. Alih-alih melembabkan kulit, sebum berlebih malah jadi masalah.

Lantas apa sebenarnya ciri-ciri yang membedakan kulit jenis ini dengan yang lain? Dan seperti apa perawatan yang tepat?

Penyebab Kulit Berminyak Pada Wajah

Penyebab kulit jadi berminyak, terkadang diabaikan padahal kebanyakan karena kebiasaan yang salah dalam memperlakukan wajah. Yang paling utama penyebabnya emang faktor genetik, dimana ketika orang tua punya kulit berminyak maka keturunannya kemungkinan besar juga punya jenis kulit yang berminyak.

Selanjutnya, usia remaja hingga usia 20an sangat rentan memiliki kulit berminyak. Di usia tersebut kolagen masih banyak dan memicu sebum lebih banyak. Tapi biasanya seiring bertambah umur, kulit wajah jadi mengering alami, sebab kolagen berkurang dan produksi sebum juga mulai menurun.

Ciri-ciri Kulit Wajah Berminyak

Sebenarnya mudah untuk mengenali apakah wajah Kamu masuk kategori berminyak atau tidak. Cukup dengan mengidentifikasi beberapa kondisi berikut ini, jika Kamu mengalaminya maka artinya kulit Kamu berminyak.

1. Wajah Mudah Berjerawat

Ketika minyak pada wajah berlebih, maka sel kulit mati yang ada sulit dibersihkan dan menutupi pori-pori. Alhasil muncul jerawat dengan intensitas lebih sering dan jenis jerawat yang tergolong parah.

Apalagi ketika Kamu malas membersihkan wajah, maka jerawat di kulit berminyak akan jadi hal rutin yang terjadi.

2. Wajah Terlihat Basah

Minyak berlebih pada wajah akan sangat terlihat jelas, pada orang dengan kulit yang berminyak. Hal itu terjadi karena kuantitas sebumnya melebihi kondisi normal. Pada beberapa kondisi, wajah basah juga diikuti lengket dan membuat tidak percaya diri. Bahkan berimbas juga pada rambut lepek, sebagai akibat kulit kepala yang juga berminyak.

Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat wajah berminyak, lakukan secara rutin supaya kulit tetap sehat dan kadar minyaknya tidak lagi berlebih. Mau tahu bagaimana caranya?

Cuci Muka

Pastikan untuk rutin mencuci muka dua kali sehari, agar kondisi wajah tetap sehat. Pertama, ketika bangun tidur dan satu lagi saat menjelang tidur di malam hari. Tapi, ketika Kamu menggunakan kosmetik di siang hari, ada baiknya usai beraktivitas juga mencuci muka, supaya sisa kosmetik tidak menjadi penyebab kulit jadi tambah bermasalah.

Pakai Toner

Fungsi dari toner adalah untuk mengurangi jumlah minyak pada wajah. Kamu bisa pilih toner yang mengandung alkohol, fungsinya untuk mengontrol jumlah minyak sebab alkohol akan membantu kulit jadi kering. 

Pilihan lain adalah toner yang kaya kandungan astringen, dimana zat tersebut akan membantu kulit menghasilkan sebum dalam jumlah lebih proporsional. 

Blotting Paper

Yaitu kertas penyerap minyak wajah, gunanya untuk mengurangi jumlah minyak berlebih kapanpun Kamu merasakannya. Kertas ini memang tidak bisa mengurangi produksi sebum pada kulit, tapi setidaknya bisa membantu mengurangi efeknya pada wajah, terutama efek wajah mengkilap dan terlihat lengket.

Stop Sentuh Wajah!

Ketika minyak wajah berlebih, apapun yang menempel akan awet hingga waktu Kamu membersihkan wajah. Salah satu penyebab kotoran lekat di wajah adalah, akibat seringnya tangan Kamu menyentuh wajah. Apalagi jika tidak mencuci tangan terlebih dahulu, alhasil kuman dan kotoran di tangan dengan mudah berpindah pada wajah.

Pakai Pelembab dan Tabir Surya

Siapa bilang pelembab tidak baik untuk pemilik kulit berminyak? Kamu bisa pilih pelembab yang tidak mengandung minyak dan alkohol di dalamnya juga tidak terlalu banyak. Sehingga mampu mengontrol sebum di kulit wajah.

Selain itu, rutin menggunakan tabir surya tanpa minyak juga akan membantu mengurangi minyak berlebih. Termasuk membantu meminimalisir flek hitam yang terjadi akibat terpapar sinar matahari.

Sudah paham semua tentang kulit wajah berminyak? Kalau Kamu memiliki jenis kulit ini, mulai sekarang rawatlah dengan cara yang benar. Supaya wajah tetap terlihat bersih dan bebas dari masalah.

Published by Nirwan

Nirwan is a member of SEO Team at MySkin.

× Bicara dengan produk spesialis