fbpx

mySkin

Jarang Keramas Dapat Sebabkan Jerawat

Selain bisa muncul ketombe pada rambut, jarang keramas ternyata juga dapat menyebabkan munculnya jerawat pada wajah.

Timbulnya jerawat pada wajah sebenarnya disebabkan oleh banyak faktor seperti penggunaan skincare yang tidak cocok atau memang karena kebiasaan buruk seseorang.

Keringat pada kulit dan rambut yang jika kita biarkan tentunya akan menimbulkan masalah kesehatan kulit seperti timbulnya jerawat.

Untuk mencegah timbulnya jerawat, kita perlu melakukan beberapa perawatan rutin yang bisa dengan mudah dilakukan tanpa perlu menghabiskan biaya tinggi.

Seberapa Sering Kita Harus Keramas ?

Keramas atau cuci rambut merupakan suatu perawatan yang penting agar kesehatan kulit terutama di kepala bisa selalu bersih dan sehat.

Apabila kamu bertanya-tanya berapa kali waktu yang tepat untuk keramas ? Jawabannya bisa berbeda-beda tergantung dari kondisi rambut maupun aktivitas harian yang dilakukan oleh orang itu sendiri.

Supaya bisa mengetahui dengan pasti berapa kali rambut anda harus keramas, mari kita pelajari dahulu cara kerja shampo ketika digunakan untuk keramas.

Memahami Cara Kerja Shampo Untuk Keramas

Ketika ingin membersihkan rambut, kita tidak bisa membasahi nya hanya dengan air biasa saja. Minyak yang ada pada rambut pastinya masih tetap ada sehingga masih belum bersih meskipun sudah dibilas dengan air yang banyak sekalipun.

Untuk itulah kita membutuhkan kehadiran shampo agar bisa membantu menghilangkan minyak pada rambut dan kulit yang ada di kepala.

Sebaliknya jika kita keramas terlalu sering (saat kondisi rambut sudah bebas minyak), maka yang terjadi adalah rambut akan menjadi kering dan bahkan bisa cepat rontok.

Perlu anda ketahui bahwa rambut di kepala secara alami tetap akan mengeluarkan minyak yang dikenal dengan istilah sebum.

Jika terlalu sering keramas dengan shampo maka minyak alami ini akan selalu terbuang yang menyebabkan kondisi rambut menjadi terlalu kering.

Karena itulah untuk menentukan berapa kali waktu keramas yang tepat dapat kita lihat dari kondisi rambut itu sendiri.

Cara Mengetahui Waktu Keramas yang Tepat

Setiap orang tentunya memiliki jenis dan panjang rambut yang berbeda-beda. Belum lagi aktivitas fisik yang menyebabkan meningkatnya keringat juga berbeda-beda.

Karena itulah waktu keramas setiap orang juga dapat berbeda-beda. Meskipun demikian pada umumnya orang membutuhkan waktu keramas sekitar dua hingga tiga hari sekali.

Pada kondisi tertentu bahkan bisa lebih sering, seperti habis melakukan olahraga atau melakukan suatu aktivitas yang bisa menimbulkan keringat.

Untuk bisa menentukan waktu keramas yang tepat kita perlu mengetahui kondisi dari rambut itu sendiri.

Jenis Kulit Rambut

Jenis kulit rambut setiap orang ternyata berbeda-beda sehingga butuh waktu keramas yang berbeda juga. Apabila jenis kulit kepala anda termasuk yang sangat berminyak, maka waktu keramas nya membutuhkan waktu yang lebih sering.

Sedangkan jika jenis kulit rambut termasuk normal (tidak cenderung mengeluarkan minyak berlebih) maka waktu keramas nya hanya perlu dua hari sekali atau bahkan bisa 3 kali sehari.

Cara Keramas Yang Benar Agar Tidak Berjerawat & berketombe

Gunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut anda, seperti shampo khusus untuk rambut berminyak, berketombe, berwarna atau keriting.

Pada tahap awal keramas, tentunya kita akan membasahi rambut dahulu dengan air hangat. Dengan menggunakan air hangat saat keramas maka akan membuka kutikula rambut yang mempermudah untuk membuang kotoran nantinya.

Setelah membasahi rambut dengan air hangat (bukan air panas), tuangkan shampo secukupnya ke telapak tangan anda sesuai dengan panjang rambut anda.

Pijat kepala dengan lembut menggunakan jari-jari tangan selama beberapa menit agar minyak dan kotoran bisa cepat terangkat.

Setelah selesai memijat kulit rambut kepala, bilas rambut dengan air biasa hingga bersih.

Selanjutnya kita perlu memperhatikan cara pengeringan yang benar setelah selesai keramas. Jangan menggosok rambut dengan handuk terlalu keras karena itu dapat merusak rambut.

Sebaliknya gunakan hair dryer atau mesin pengering rambut agar bisa lebih cepat kering.

Published by Ardian

Selalu tertarik pada hal-hal yang berbau teknologi dan kesehatan

× Bicara dengan produk spesialis