fbpx

mySkin

Kenali Jenis Komedo, Perbedaan dan Cara Mengatasinya yang Efektif

Jenis komedo penting untuk Kamu ketahui. Banyak orang yang menganggap jika komedo ini sama dan hanya ada satu jenis saja padahal tidak begitu. Komedo ini merupakan masalah pada wajah yang bisa membuat make up kurang sempurna, selain itu komedo ini membuat wajah terasa kasar dan tidak mulus. Komedo merupakan bintik yang muncul di kulit dimana disebabkan oleh folikel rambut yang tersumbat. Komedo menjadi kondisi yang cukup umum terjadi dan banyak orang yang mengalaminya. Bahkan remaja di masa pubertas pun sering mengalami masalah ini. Komedo juga dipercaya sebagai tahap awal kemunculan jerawat.

Jenis-Jenis Komedo

Setelah Kamu mengetahui pengertian komedo, ada beberapa jenis komedo yang penting untuk Kamu perhatikan seperti berikut ini:
  • Komedo hitam
Yang pertama adalah komedo hitam. Komedo ini merupakan komedo terbuka yang mana bisa terjadi saat minyak ini menyumbat folikel rambut. Penyebab warna hitam pada folikel ini adalah adanya reaksi kimia dan melanin yang mana merupakan pigmen memberi warna kulit.  Reaksi yang muncul tersebut akibat terpapar dengan udara maupun melanin sel kulit mati. Akibatnya bintik yang tadinya berwarna kulit berubah menjadi coklat tua kemudian menghasilkan komedo berwarna hitam.
  • Komedo putih
Jenis komedo selanjutnya adalah komedo putih. Komedo ini merupakan cikal bakal jerawat yang mana bisa muncul karena penyumbatan pori minyak yang berlebih.  Selain itu komedo ini terbentuk akibat adanya bakteri dan sel kulit mati. Kondisi ini kemudian menutupi semua permukaan pori di wajah, akibatnya adalah benjolan putih kecil tersebut berubah menjadi komedo putih atau komedo yang tertutup.

Perbedaan

Tidak hanya jenis komedo saja yang penting untuk Kamu ketahui namun perbedaan dari kedua komedo ini pun penting untuk Kamu ketahui.  Pada umumnya whitehead atau komedo putih ini kebanyakan disebabkan oleh penyumbatan pori-pori, minyak berlebih dan pori-pori yang kecil. Whiteheads ini tidak memungkinkan terjadinya oksidasi. Pada komedo putih ini minyak yang berlebihan dan sel kulit mati tersebut masuk ke dalam pori yang terbuka. Akibat lubang pori kecil maka campuran minyak maupun sel kulit mati tersebut tersumbat ke dalam dan tidak ada proses oksidasi.  Penumpukan yang dibiarkan terlalu lama ini akan membuat muncul mata dengan warna putih yang mana disebut dengan whitehead. Tidak jarang komedo ini bisa menyebabkan peradangan dan menjadi jerawat. Komedo putih ini bisa muncul di area T zone. Untuk yang usianya diatas 20 tahun ini bisa muncul di rahang, pipi, dahi maupun di area yang memiliki produksi minyak yang berlebihan. Sedangkan blackhead atau komedo hitam terjadi karena penyumbatan pori, sel kulit mati, kotoran maupun minyak yang berlebih, pori-pori membesar dan juga terjadi oksidasi. Semuanya menumpuk di atas permukaan pori-pori yang terbuka. Karena lubang pori yang besar tersebut terkena udara dan terjadi proses oksidasi warnanya berubah menjadi kehitaman.  Biasanya komedo hitam ini cenderung membuat kotoran bisa masuk dengan mudah namun kotorannya tidak menonjol keluar. Bentuk dari komedo hitam sangat mengganggu dan bisa membuat tekstur kulit menjadi berubah.

Cara Mengatasi Komedo

Penanganan kedua komedo ini hampir sama. Ada beberapa cara mengatasi komedo hitam dan putih yang sangat penting untuk diperhatikan seperti berikut ini:
  • Jangan dipencet!
Hal pertama yang bisa Kamu lakukan adalah jangan memencetnya. Jika komedo hinggap di wajah Kamu usahakan untuk tidak memencetnya menggunakan tangan telanjang. Memang semua komedo ini akan terangkat dan setelah memencetnya risiko yang Kamu dapatkan jauh lebih besar. Pori-pori Kamu akan bisa bertambah besar sehingga memicu banyak komedo lainnya terbentuk di pori-pori kulit Kamu tersebut.  Cara mengatasinya bisa dengan memencetnya dengan menggunakan alat khusus dimana Kamu bisa memencet komedo tersebut dengan menggunakan alat tersebut setelah itu cuci wajah Kamu dengan menggunakan air dingin supaya pori-pori Kamu tertutup. 
  • Cleanser khusus
Kamu bisa menggunakan cleanser yang mana bisa mengangkat kelebihan minyak yang ada di wajah Kamu. Selain itu cleanser tersebut bisa mengikis sel kulit mati maupun exfoliasi.  Kamu juga bisa memilih kandungan salicylic acid atau glycolic acid.  Kedua bahan ini aktif dan juga menjadi formula ampuh yang mana bisa menembus minyak dan juga bisa membantu membersihkan minyak sampai ke dalam pori-pori. Jangan sampai kulit berubah menjadi kering karena komedo putih akan muncul.  Kulit Kamu juga bisa mengalami banyak masalah lainnya.
  • Skincare berbasis air
Kamu juga bisa menggunakan produk skincare berbasis air yang mana bisa Kamu aplikasikan rutin setiap hari.  Kamu juga bisa menggunakan pelembab yang mana mengandung vitamin A dimana kandungan ini bisa merangsang pertumbuhan sel kulit baru kemudian menggeser sel kulit mati. Proses pergantian kulit ini mampu mendorong kotoran maupun komedo yang tersumbat di dalam pori-pori keluar. 
  • Putih telur
Putih telur ini tidak hanya bisa mengencangkan wajah saja namun juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah. Kamu juga bisa mengatasi komedo dengan putih telur. Kamu bisa mengoleskan putih telur tersebut ke seluruh wajah terutama yang ada komedo dan juga bintik hitam. Kamu bisa mengambil kertas tisu kemudian Kamu bisa memotongnya sesuai dengan bentuk wajah Kamu.  Berikan lubang pada mata, hidung dan mulut. Setelah itu Kamu bisa menempelkan kertas tisu tersebut ke wajah yang telah diolesi putih telur. Olesi lagi bagian atasnya dengan putih telur secara merata dan biarkan sampai kering. Angkat kertas tisu tersebut dari arah dalam keluar lakukan secara teratur.
  • Krim yang bisa mengatasi komedo
Kamu juga bisa menggunakan krim yang mana di dalamnya terdapat clindamycin. Kandungan ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengusir komedo saja namun juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Demikianlah beberapa informasi tentang jenis-jenis komedo dan cara mengatasinya yang menarik untuk disimak, semoga informasi ini bermanfaat.

Published by Nirwan

Nirwan is a member of SEO Team at MySkin.

× Bicara dengan produk spesialis