fbpx

mySkin

Kandungan Skincare yang Aman Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Merawat kecantikan memang sangat penting bagi seorang wanita, namun ada kalanya anda harus berhati-hati dengan komposisi yang ada dalam produk skincare. Beberapa kandungan skincare ada yang tidak direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui, karena berbahaya bagi bayi.

Kandungan Skincare yang Berbahaya Untuk Ibu Hamil & Menyusui

Kesehatan lebih penting dari kecantikan, karena cantik itu relatif sedangkan sehat itu pasti. Wajah putih bersih belum tentu cantik, karena itu semua adalah selera. Ada beberapa wanita cantik di dunia ini yang berkulit coklat atau bahkan hitam.

Karena itu perlu kewaspadaan dalam menjaga kecantikan, jangan sampai karena ingin tampil cantik putih dan bersih malah membuat tubuh tidak sehat. Berikut ini ada skincare yang berbahaya dan harus dihindari oleh ibu hamil dan menyusui :

1. Phthalates

Bahan untuk produk kecantikan yang berbahaya atau tidak aman untuk ibu hamil dan menyusui biasanya ditemukan pada cat kuku. Karena cat kuku biasanya mengandung bahan pewangi. Kuku pada umumnya mengeluarkan bau, meski tidak terlalu jika tidak dicium dalam jarak yang sangat dekat.

Sebenarnya itulah fungsi cat kuku yang menggunakan pengharum, agar kuku anda tampil cantik dan harum. Menurut para ilmuwan yang telah melakukan penelitian, ditemukan hasil bahwa jika produk digunakan pada ibu hamil dan menyusui akan dapat mengganggu pertumbuhan janin atau bayi.

Carilah produk yang memiliki komposisi bebas dari kandungan Phthalates.

2. Paraben

Kandungan ini merupakan zat yang sangat berbahaya jika digunakan saat hamil dan menyusui. Anda perlu ekstra hati-hati dalam memiliki produk kosmetik dan cek dengan seksama agar tidak terdapat bahan paraben.

Paraben merupakan bahan pengawet yang memang digunakan untuk mengawetkan alat kosmetik agar tahan lama dan tidak mengalami proses pembusukan. Paraben juga ditemukan pada tumor yang meniru hormon esterogen sehingga dapat merusak hormon dalam tubuh.

Jika produk ini digunakan pada pria, maka DNA sperma menjadi tidak sehat atau rusak. Ada beberapa nama kandungan Paraben dalam produk kosmetik. Berikut nama kandungan paraben yang umum ditemukan dalam kosmetik :

  1. Etilparaben
  2. Metilparaben
  3. Propilparaben
  4. Isopropilparaben
  5. Butylparaben
  6. Isobutylparaben

Senyawa di atas merupakan senyawa turunan dari paraben yang biasanya tertera pada produk skincare. Jadi anda harus membacanya dengan teliti jangan sampai terlewatkan.

3. Triclosan

Banyak ibu yang tidak menyadari akan hal ini, karena menurut para ibu bahwa mencuci tangan merupakan cara terbaik untuk terhindar dari kuman. Namun ternyata cara ini malah menimbulkan efek yang dapat membahayakan bayi jika salah dalam menggunakan produk sabun cuci tangan.

Senyawa ini sebetulnya pernah dilarang oleh FDA pada tahun 2016 dan larangan ini diperuntukkan bagi pabrik yang memproduksi sabun anti bakteri. Sabun antibakteri dilarang karena ternyata sabun tersebut tidak lebih baik dari sabun biasa dalam membunuh bakteri.

Untuk ibu hamil dan menyusui harap sangat berhati-hati dan hindari sabun yang mengandung triclosan. Jika bepergian gunakanlah sabun yang biasa saja, karena efeknya sama yaitu membersihkan kuman dan bakteri. Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun biasa sudah cukup untuk membunuh bakteri.

4. Hydroquinone

Menurut departemen Food and Drug Administration atau FDA bahan ini dianggap sangat berbahaya karena berpotensi menjadi racun bagi tubuh. Hidroquinon memang sangat ampuh dalam mencerahkan kulit namun bahan ini sangat berbahaya.

Saat dilakukan penelitian, seseorang menggunakan alat kosmetik yang terdapat bahan hidroquinone. Setelah beberapa menit dilakukan pengecekan dan hasilnya sangat mengejutkan karena kadarnya sudah dapat diukur dalam urine. Berarti bahan ini diserap oleh kulit kemudian disalurkan melalui ginjal dan dibuang bersama dengan kulit.

Sungguh mengerikan karena hasil yang diharapkan hanya memiliki kulit putih atau cerah bersinar namun mengorbankan tubuh dan organ penting. Jangan sampai anda yang hamil dan menyusui lupa untuk menghindari bahan ini. Bisa jadi bayi anda ikut mengkonsumsi dan dapat berakibat sangat fatal.

Rekomendasi Bahan Skincare yang Aman Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Setelah anda mengetahui kandungan didalam skincare yang berbahaya atau tidak direkomendasikan untuk hamil. Berikut ini ada informasi mengenai produk yang direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui :

1. Bio Oil

Bio oil merupakan bahan alami yang berasal dari minyak kelapa. Biasanya dalam kosmetik digunakan untuk merawat kulit yang kering dan kusam. Biasanya pada ibu hamil dan menyusui kulit para ibu kurang mendapatkan perawatan dan kering.

Hal ini terjadi karena seorang ibu hamil atau menyusui sebagian besar kadar air dalam tubuh digunakan untuk janin dan produksi ASI bagi ibu menyusui. Jika kekurangan asupan cairan dalam tubuh, maka air dalam tubuh hanya cukup untuk janin dan produksi ASI saja.

Karena itu alangkah baiknya jika anda termasuk ibu hamil atau menyusui minum banyak air dan menggunakan perawatan kulit berbahan dasar bio oil agar kulit anda tetap cantik dan sehat.

2. Cocoa Buter

Bahan kosmetik ini dapat membantu ibu hamil dan menyusui yang memiliki stretch mark pada bagian tubuh tertentu. Dengan mengoleskan secara teratur maka strech mark akan hilang dan dapat menambah kepercayaan diri para ibu.

Bahan cocoa buter adalah bahan alami yang terbuat dari biji cocoa, sehingga sangat aman untuk ibu hamil dan menyusui.

3. Aloe Vera

Banyak orang sudah mengetahui betapa baiknya kandungan aloe vera bagi kulit. Aloe vera secara turun temurun direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui dalam merawat rambut dan kulit.

Pilihlah alat kosmetik yang memiliki kandungan aloe vera atau yang berbahan dasar aloe vera karena aman untuk digunakan terutama untuk ibu hamil dan menyusui.

4. Lavender esential oil

Lavender esential oil atau minyak lavender biasanya digunakan sebagai pengharum untuk parfum dan pengharum alat kosmetik lainnya. Kosmetik yang menggunakan pengharum selain parfum seperti cat kuku dan beberapa produk lainnya biasanya menggunakan aroma dari lavender.

Lavender adalah bunga yang banyak digunakan dan diekstrak karena memiliki aroma wangi yang menyegarkan. Selain itu aman untuk kulit ibu hamil dan menyusui karena dari bahan alami bunga.

5. Ekstrak giant sea kelp

Selanjutnya ada ekstrak giant sea kelp yang biasa digunakan sebagai foundation sebelum menggunakan alat kosmetik lainnya. Bagi ibu hamil dan menyusui produk foundation yang mengandung ekstrak ini dapat anda gunakan untuk alat kosmetik penunjang kecantikan anda.

Itulah tadi informasi mengenai kandungan skincare yang harus dihindari karena berbahaya bagi anda dan bayi. Namun selain itu ada informasi juga mengenai produk yang kandungannya sudah direkomendasikan aman untuk digunakan ibu hamil dan menyusui.

Jadi jangan khawatir, anda akan tetap dapat tampil cantik maksimal setiap hari tanpa membahayakan janin dan bayi. Selamat mencoba dan tetap semangat bagi para ibu hamil dan menyusui.

Published by Nirwan

Nirwan is a member of SEO Team at MySkin.

× Bicara dengan produk spesialis