fbpx

mySkin

Kenapa Makanan Indeks Glikemik Tinggi Bisa Jadi Penyebab Jerawat

Untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit penting untuk memperhatikan apa yang kita makan. Hidup akan lebih berkualitas jika berhati-hati dalam memilih makanan dan juga minuman yang dimakan. Begitu pula bagi yang mendambakan kulit sehat penting untuk menjaga asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Salah satu yang bisa mempengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit adalah makanan dengan indeks glikemik tinggi. Indeks glikemik atau yang biasa disebut dengan IG ini merupakan penentu seberapa cepat gula darah Kamu naik. Banyak yang bertanya kenapa makanan indeks glikemik tinggi penyebab jerawat? Simak penjelasannya dibawah ini:

Makanan Tinggi Glikemik Memicu Hormon Insulin

Salah satu alasan kenapa makanan indeks glikemik tinggi penyebab jerawat adalah mampu memicu hormon insulin. Hormon inilah yang memiliki fungsi dalam mengolah glukosa yang ada di dalam tubuh Kamu. Kenaikan kadar hormon insulin ini juga tidak bagus untuk penderita diabetes karena bisa menyebabkan gula darah menjadi naik secara signifikan. Hormon ini juga tidak bagus untuk kesehatan maupun kecantikan kulit Kamu.

Hormon Insulin Meningkatkan Kelenjar Minyak & Keringat

Hormon insulin ini bisa membuat sel kelenjar minyak dan keringat di wajah menjadi meningkat sehingga hal inilah yang bisa menyebabkan jerawat muncul. Peningkatan kadar insulin di dalam darah ini akan membuat aktivitas kelenjar minyak semakin aktif dimana hal ini memiliki kontribusi dalam membentuk jerawat.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi ini akan mengikat kolagen sehingga mampu merusak sel-sel kulit Kamu. Semakin rendah gula yang Kamu konsumsi akan membuat kulit Kamu semakin baik dan juga sehat. Bagi yang memiliki kulit berminyak sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi. Hal itu karena bisa membuat wajahnya semakin berminyak sehingga hal ini akan menyebabkan jerawat semakin parah dan membandel.

Jika Kamu merasa sudah melakukan perawatan untuk kulit berjerawat Kamu maka cobalah untuk menghindari makanan dengan indeks glikemik tinggi agar jerawat tidak mudah muncul di kulit Kamu.

Memicu Penyumbatan Pori-Pori dan Regenerasi Sel Terganggu

Alasan kenapa makanan indeks glikemik tinggi penyebab jerawat selanjutnya adalah makanan ini bisa menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat. Saat hal ini terjadi bisa menyebabkan kulit Kamu menjadi berjerawat. Saat kadar glukosa di dalam tubuh semakin tinggi dan menumpuk produksi minyak di kulit Kamu ini akan semakin kental. Hal inilah yang bisa membuat pori-pori kulit Anda jadi tersumbat. Akibatnya regenerasi kulit Kamu juga menjadi terhambat sehingga bisa memicu masalah kulit yang lainnya seperti kusam dan sebagainya.

Makanan Tinggi Gula Penyebab Peradangan Kulit yang Parah

Yang harus Kamu waspadai jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan maupun minuman tinggi gula dengan indeks glikemik yang tinggi, makanan maupun minuman tersebut akan menyebabkan jerawat meradang parah. Perlu pahami adalah sifat oksidatif gula tersebut menjadi pemicu peradangan kemudian bisa menyebar ke seluruh tubuh.

Makanan tinggi gula dicampurkan dengan lemak jenuh seperti roti putih, permen, makanan yang digoreng, es krim, soda dan sebagainya ini bahan utamanya adalah gula. Makanan tersebut akan menyebabkan lonjakan insulin yang signifikan kemudian memperburuk peradangan.

Akibatnya adalah lonjakan insulin menyebabkan peningkatan produksi minyak di kulit Kamu. Setelahnya akan menyumbat folikel bahkan warna kulit semakin memburuk. Di dalam tubuh manusia ini juga terjadi pemecahan karbohidrat seperti gula halus dan juga tepung putih yang mana akan bisa berubah menjadi glukosa dengan cepat.

Saat tubuh bereaksi dalam memproduksi insulin untuk melawan kadar glukosa yang meningkat, enzim di kolagen ini akan melalui proses oksidatif. Proses ini akan memicu kulit kehilangan elastisitas dan juga kekencangan sehingga bisa lebih tua dan juga kendur. Selain itu juga akan menyebabkan kulit lebih mudah berjerawat dan rosacea.

Hindari Makanan dengan Indeks Glikemik Tinggi

Untuk menjaga kesehatan dan kulit mulai saat ini hindarilah makanan dan minuman yang mengandung indeks glikemik tinggi.  Makanan dengan kadar glukosa tinggi yang bisa membuat jerawat semakin parah adalah coklat, gula dan olahan susu. Konsumsi coklat ini bisa membuat peradangan akan semakin parah bahkan bisa terjadi pada orang yang suka mengkonsumsi susu coklat.

Konsumsi susu dan juga es krim ini juga nyatanya bisa memicu terjadinya jerawat. Penelitian mengungkapkan bahwa orang yang mengkonsumsi susu maupun es krim dengan bahan dasar susu lebih dari 1 kali per minggunya akan memiliki jerawat yang lebih parah. Terlebih lagi jika  dibandingkan dengan yang kurang dari 1 kali per minggunya.

Susu yang disertai dengan kandungan gula di dalamnya atau dicampurkan menjadi bahan pembuatan es krim akan menyebabkan jerawat. Selain memicu hormon insulin meningkat juga bisa menyebabkan kadar hormon androgen ini bisa memicu terjadinya jerawat.

Kini Kamu sudah tahu alasannya kenapa makanan indeks glikemik tinggi penyebab jerawat, dengan menghindari atau membatasi konsumsi makanan tersebut tubuh dan kondisi kulit Kamu akan semakin sehat.

Published by Rifzan Ahmad

Rifzan Ahmad is a content writer, experienced as writer since 2012, currently He has active as Team Manager at Writergudeg.

× Bicara dengan produk spesialis