fbpx

mySkin

Kenapa Wajah Bruntusan Setelah Pakai Skincare?

Skincare saat ini digandrungi tidak hanya oleh wanita namun juga pria. Dengan menggunakan skincare ini kulit jauh lebih baik dan terhindar dari masalah kulit. Masalah kulit bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita sehingga kesadaran untuk memakai skincare ini semakin meningkat.

Sayangnya penggunaan skincare yang salah ini membuat berbagai macam masalah timbul. Selain jerawat masalah yang muncul adalah bruntusan. Bruntusan ini bintik-bintik kecil seperti pasir. Bruntusan ini bisa menyebabkan wajah terlihat tidak mulus, selain itu membuat make up tidak menempel dengan sempurna.

Penyebab Bruntusan Setelah Memakai Skincare

Bruntusan membuat rasa gatal dan perih saat berkeringat. Banyak yang bertanya kenapa wajah bruntusan setelah pakai skincare? Penyebabnya sendiri beraneka ragam seperti berikut ini:

1. Purging

Kenapa wajah bruntusan setelah pakai skincare? Salah satu penyebabnya purging yang merupakan proses pembersihan kulit mati. Purging ini terjadi di fase awal penggunaan skincare. Selain itu bisa disebabkan pergantian skincare yang biasa kamu gunakan ke produk baru. Sel kulit baru ini akan menggantikan ke sel kulit mati.

Baca Juga: Apa itu Purging & Lama Proses Purging

Sel kulit baru yang sehat bisa naik ke permukaan, meski begitu zat lain dan minyak bisa muncul lebih dahulu. Minyak inilah yang berisiko dalam menyumbat pori-pori sehingga muncul bruntusan. Selain bruntusan purging juga bisa menyebabkan jerawat dan berbagai masalah kulit lainnya.

Skincare penyebab purging adalah yang mengandung AHA, asam salisilat, retinoid, retinol, retinyl palmitate. Zat lainnya berupa tazarotene, vitamin C sampai dengan benzoil peroksida juga dipercaya menyebabkan purging.

2. Alergi Kulit

Salah satu penyebab jerawat bruntusan setelah pakai skincare adalah karena alergi kulit. Kondisi ini bisa terjadi akibat paparan zat alergen yang mana berasal dari kandungan bahan aktif atau skincare tertentu misalnya saja adalah zat pewangi atau pengawet.

Baca Juga: Penyebab Bruntusan Yang Paling Sering Dialami

Jika kulit sudah bersentuhan dengan zat alergen ini bisa menyebabkannya kemerahan, bengkak bahkan gatal-gatal. Jika kamu mengalami kulit kering atau wajah bruntusan di area wajah yang jarang ditumbuhi dengan jerawat maka hal ini merupakan reaksi negatif dari produk perawatan kulit yang kamu gunakan.

3. Iritasi Kulit

Penyebab yang terakhir mengalami iritasi kulit. Dalam dunia medis disebut dengan dermatitis kontak iritan. Merupakan reaksi kulit maupun sensasi kulit terbakar, perih, gatal dan juga kemerahan yang mana diakibatkan di area kulit yang diolesi oleh skincare. Penyebab wajah bruntusan setelah pakai skincare ini juga bisa mudah diketahui dimana bisa muncul di lokasi yang jarang atau tidak pernah ditumbuhi oleh jerawat.

Cara Mengatasi Bruntusan Setelah Pakai Skincare

Setelah mengetahui penyebabnya, kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi bruntusan setelah pemakaian skin care tersebut seperti berikut ini:

Hentikan Pemakaian

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bruntusan setelah pemakaian skincare adalah menghentikan penggunaannya. Bisa jadi karena skincare yang kamu gunakan ini tidak cocok dengan kondisi kulit kamu.

Untuk skincare yang memang memiliki efek purging, kamu bisa terus menggunakannya karena efeknya bisa membaik seiring dengan pemakaiannya. Hal ini berbeda dengan breakout, dimana wajah tidak membaik sama sekali dan terus memburuk.

Konsultasi Masalah Bruntusan

Klik untuk coba konsultasi masalah bruntusan kamu dengan dokter spesialis kulit. Gratis

Hindari Menyentuh dan Memecah Bruntusan

Jangan menyentuh dan memecah bruntusan karena bisa menyebabkannya menjadi infeksi atau meradang. Bahkan jika terus dibiarkan akan menyebabkan jaringan parut pada kemudian hari.

Konsultasi dengan Dokter Spesialis

Untuk pemakaian skincare tanpa resep dokter, efek bruntusan ini sangat sering dan mungkin terjadi. Cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari bruntusan tersebut adalah dengan berkonsultasi dengan dokter kulit yang tahu dan memahami kondisi kulit kamu.

Kedepannya kamu bisa menggunakan skincare yang memang dikhususkan untuk kulit kamu dan direkomendasikan oleh dokter. Jangan menggunakan skincare yang dijual bebas di pasaran dan membuat kulit kamu bruntusan dan bermasalah.

Cream dari MySkin Untuk Atasi Bruntusan Secara Efektif

Jika bruntusan kamu membandel dan tidak mau segera menghilang kamu bisa menggunakan cream dari mySkin. Dengan bahan retinoic acid, cream ini efektif menghilangkan bruntusan dan berbagai macam masalah kulit kamu. Untuk mendapatkannya, kulit kamu di diagnosa terlebih dahulu sehingga dokter kulit mySkin bisa merekomendasikan cream dengan kandungan yang sesuai dengan kondisi kulit kamu.

Demikianlah beberapa penyebab kenapa wajah bruntusan setelah pakai skincare yang menarik untuk kamu ketahui, dengan menggunakan cream mySkin kamu tidak perlu khawatir dengan bruntusan dan masalah kulit lainnya, hubungi kontak untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Published by Rifzan Ahmad

Rifzan Ahmad is a content writer, experienced as writer since 2012, currently He has active as Team Manager at Writergudeg.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Bicara dengan produk spesialis disini!