fbpx

mySkin

5 Makanan Indeks Glikemik Tinggi Yang Bisa Picu Jerawat

Jerawat membuat semua orang kesal karena bisa menyebabkan kulit menjadi tidak mulus lagi. Tidak hanya itu saja, jerawat akan menyebabkan make up terlihat kurang maksimal. Selain akibat hormon dan make up yang tidak cocok, jerawat ini juga bisa disebabkan oleh makanan dengan indeks glikemik tinggi.

Indeks glikemik ini merupakan indikator seberapa cepat makanan yang dikonsumsi bisa berpengaruh terhadap gula darah di dalam tubuh. Supaya terbebas dari jerawat berikut ini adalah daftar makanan indeks glikemik tinggi yang harus dihindari atau dibatasi konsumsinya.

Produk Olahan Susu

Daftar makanan indeks glikemik tinggi yang pertama adalah produk olahan susu. Ada berbagai macam produk yang bahannya dari susu ini dan dipastikan indeks glikemiknya tinggi. Produk olahan susu ini mampu meningkatkan produksi hormon insulin yang menyebabkan kondisi jerawat bertambah parah. Selain itu susu sapi ini mengandung asam amino yang mana membuat organ liver ini bisa memproduksi IGF-1 dan hal tersebut dikaitkan dengan tumbuhnya jerawat.

Karbohidrat Olahan

Daftar selanjutnya adalah karbohidrat olahan. Karbohidrat seperti nasi, kentang rebus dan sebagainya memiliki indeks glikemik yang sudah tinggi. Dengan melalui proses pengolahan tentu akan membuat indeks glikemik pada karbohidrat olahan tersebut menjadi semakin tinggi.

Contoh makanan indeks glikemik tinggi yang bisa memicu jerawat adalah roti, biskuit, pasta dan juga mie. Semua olahan dengan menggunakan tepung terigu ini juga masuk ke dalam indeks glikemik yang tinggi. Lonjakan gula darah ini akan memicu peningkatan hormon androgen di dalam tubuh menjadi aktif. Saat sudah aktif maka kelenjar ini bisa memproduksi lebih banyak sebum di dalam kulit Anda.

Makanan Cepat Saji

Menurut penelitian makanan cepat saji ini memiliki indeks glikemik yang tinggi sehingga mendorong munculnya jerawat. Makanan cepat saji ini tinggi lemak, minyak dan juga gula sehingga menyebabkan jerawat bisa muncul.

Coklat

Daftar makanan indeks glikemik tinggi yang bisa memicu jerawat selanjutnya adalah coklat. Studi menunjukkan bahwa coklat ini bisa membuat kulit yang berjerawat ini akan semakin parah. Alasannya adalah cokelat bisa membuat protein interleukin-1B dan IL-10 ini meningkat. Jika berinteraksi dengan bakteri propionibacterium acnes bisa meningkatkan risiko terjadi jerawat.

Makanan Berminyak

Makanan indeks glikemik tinggi bisa memicu jerawat yang terakhir adalah makanan yang berminyak. Makanan dengan minyak tinggi ini bisa membuat jerawat membandel. Makanan dengan tinggi minyak adalah pizza, burger, kentang goreng, keripik kentang dan juga gorengan.

Makanan yang mengandung tinggi minyak bisa memicu kelenjar minyak di kulit semakin aktif. Tambahan minyak ini akan memiliki kontribusi pertumbuhan jerawat. Anda tidak harus menyingkirkan makanan ini hanya perlu mencuci wajah secara teratur.

Asam lemak di dalam makanan yang berminyak ini akan memicu peradangan. Hal ini bisa membuat jerawat semakin bertambah parah. Jerawat akan bertambah membesar dan bahkan meradang memicu nanah sehingga Anda akan merasakan nyeri di wajah Anda akibat jerawat tersebut.

Pahami Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah dan Tinggi

Makanan dengan indeks glikemik rendah dan tinggi ini banyak diperhatikan oleh penderita diabetes. Namun saat ini tidak hanya penderita diabetes saja yang harus memperhatikan indeks glikemik dari makanan dan minuman ini namun Anda yang ingin terbebas dari jerawat pun harus memperhatikannya.

Untuk menjaga kesehatan kulit Anda bisa memakan makanan dengan kandungan indeks glikemik rendah. Indeks glikemik rendah 55 ke bawah, indeks glikemik sedang adalah 56 sampai dengan 69. Makanan dengan indeks glikemik tinggi biasanya 70 ke atas. Angka glikemik bisa berubah. Jika makanan tersebut diolah bersama dengan bahan lain atau menggunakan cara tertentu angkanya bisa semakin tinggi.

Contoh makanan dengan indeks glikemik rendah adalah pisang dan nangka. Pisang dan juga nangka yang semakin matang indeks glikemik berubah menjadi tinggi. Hal itu karena rasanya semakin manis. Selain itu ada juga jagung manis, gandum utuh, jeruk, apel dan sebagainya.

Indeks glikemik sedang dimana angkanya diatas 55 namun dibawah 70.  Makanan tersebut adalah nanas, madu, ubi dan juga labu. Untuk makanan dengan IG diatas 70 sudah termasuk tinggi. Selain beberapa makanan yang disebutkan diatas, makanan yang bisa memicu kenaikan gula darah adalah semangka, kerupuk beras, roti tawar putih, sereal jagung, gula pasir dan sebagainya.

Anda bisa membatasi makanan yang masuk ke dalam daftar makanan indeks glikemik tinggi untuk membuat kulit Anda lebih sehat dan  terbebas dari jerawat, semoga informasi ini bermanfaat.

Published by Rifzan Ahmad

Rifzan Ahmad is a content writer, experienced as writer since 2012, currently He has active as Team Manager at Writergudeg.

× Bicara dengan produk spesialis