fbpx

mySkin

8 Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Dihindari Demi Kulit Sehat dan Mulus

Makanan penyebab jerawat ini harus Kamu ketahui. Pasalnya ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan kulit mudah berjerawat. Sebagus apapun perawatan kulit yang dilakukan jika masih mengkonsumsi makanan tersebut tetap saja jerawat akan rajin muncul di kulit. Bisa dikatakan bahwa untuk membuat kulit bersih, sehat dan terbebas dari jerawat ini Kamu tidak hanya melakukan perawatan dari luar saja namun juga diimbangi dengan perawatan dari dalam. 

Untuk Kamu yang ingin terbebas dari jerawat, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Simak beberapa makanan penyebab jerawat yang wajib untuk dihindari berikut ini:

Susu dan Olahan Susu

Beberapa studi mengemukakan bahwa susu maupun produk olahan susu ini memiliki hubungan dengan tingkat keparahan jerawat yang dimiliki oleh para remaja. Hasil studi menemukan fakta bahwa mengkonsumsi susu maupun es krim ini membuat  remaja rentan mengalami jerawat.

Terlepas dari penelitian tersebut, susu ini juga diketahui meningkatkan kadar insulin yang berpengaruh terhadap gula darah yang mana menyebabkan jerawat menjadi buruk. Untuk susu sapi ini mengandung asam amino yang membuat stimulasi hati bisa memproduksi IGF-1 lebih banyak yang mana bisa menyebabkan jerawat timbul.

Junk Food dan Fast Food

Junk food dan makanan siap saji atau fast food ini memiliki kandungan yang tidak bagus untuk kesehatan tubuh dan juga kesehatan kulit .  Makanan siap saji ini memiliki kandungan kalori, lemak dan juga karbohidrat yang tinggi. Contohnya seperti burger, nugget, hot dog dan juga kentang goreng maupun milkshake bisa meningkatkan risiko jerawat.

Sebuah studi dilakukan pada 5 ribu lebih remaja dan orang dewasa di China mengungkapkan bahwa diet tinggi lemak yang mereka lakukan ini meningkatan risiko jerawat sebesar 43%. Mengkonsumsi makanan cepat saji setiap hari juga meningkatkan risiko jerawat sebesar 17%.  Makanan junk food dan siap saji tersebut dipercaya memiliki lemak, minyak dan kolesterol tinggi sehingga memicu pertumbuhan jerawat semakin bertambah parah.

Coklat

Tentu Anda tidak menyangka jika makanan kesukaan sejuta umat ini dipercaya bisa memicu jerawat. Studi mengungkapan bahwa seorang pria mengkonsumsi 25 gram kandungan coklat sebanyak 99% setiap harinya, kemudian dua minggu setelahnya mengalami lesi jerawat. Untuk coklat yang pure benar-benar murni dari coklat akan membawa dampak berupa peningkatan efektivitas sistem kekebalan terhadap bakteri yang menyebabkan jerawat.

Yang menyebabkan jerawat ini adalah coklat yang sudah melalui proses pengolahan terlebih dahulu dan ditambahkan dengan bahan tinggi gula dan susu. Rasa coklat ini jauh lebih manis dibandingkan dengan coklat murni.

Karbohidrat Olahan

Makanan penyebab jerawat selanjutnya adalah karbohidrat olahan. Contohnya adalah roti, cracker, pasta dan juga sereal. Jenis makanan ini berpengaruh terhadap gula darah dan juga insulin sehingga hal inilah yang bisa menyebabkan jerawat pada kulit Anda. 

Karbohidrat ini akan akan diserap ke dalam aliran darah secara cepat dan bisa menaikkan kadar darah maupun insulin. Insulin yang tinggi ini tidak bagus karena dipercaya sebagai pendorong hormon androgen menjadi lebih aktif. Akibatnya adalah sel kulit ini bisa tumbuh secara cepat dan meningkatkan produksi minyak.

Protein Whey

Protein ini mengandung asam amino leucine dan glutamine yang sering dijadikan sebagai suplemen. Asam amino ini mampu membuat sel tumbuh kemudian memisahkan diri lebih cepat dan memiliki kontribusi terhadap kemunculan jerawat.

Tidak cukup disitu saja namun asam amino ini dipercaya bisa melakukan stimulasi untuk memproduksi kadar insulin yang lebih tinggi. Telah dijelaskan sebelumnya bahwa kadar insulin tinggi ini menjadi penyebab munculnya jerawat.

Seafood

Makanan penyebab jerawat selanjutnya adalah makanan laut. Yang dimaksud disini adalah udang dan juga lobster. Kedua jenis makanan laut ini mengandung iodine dengan jumlah yang tinggi dimana jika dikonsumsi berlebih bisa menyebabkan jerawat di kulit ini muncul. Boleh saja Anda mengkonsumsi lobster asalkan tidak dikonsumsi setiap hari dan tidak berlebihan.

Makanan maupun Minuman Tinggi Gula

Sebaiknya mulai saat ini Anda mengurangi sedikit demi sedikit makanan dan minuman yang mengandung gula. Selain bisa menyebabkan terkena diabetes, gula ini juga menyebabkan penyakit lainnya seperti kanker, obesitas dan juga jerawat.  Beberapa makanan maupun minuman yang mengandung gula dan harus dihindari adalah nasi putih, roti putih, sereal instan, permen, pasta, mie,  minuman kemasan maupun soda dan lain sebagainya.

Makanan maupun minuman yang tinggi akan gula ini memiliki glikemik yang tinggi. Makanan dengan indeks glikemik tinggi akan membuat tubuh memproduksi banyak insulin dan juga meningkatkan kadar gula lebih cepat. Saat hal tersebut terjadi kadar hormon lainnya akan ikut terpengaruh dan membuat minyak di kulit ini menjadi meningkat. Saat produksi minyak berlebih, sejumlah jenis jerawat bisa muncul dengan mudah.

Lemak Jenuh

Selain bisa menyumbat pembuluh arteri di jantung, makanan dengan lemak trans ini  juga bisa memicu pertumbuhan jerawat. Lemak jenuh ini bisa berasal dari minyak yang digunakan untuk memasak dan biasa ditemukan dalam berbagai macam makanan olahan. Saat dikonsumsi secara berlebihan ini bisa membuat peradangan yang memicu jerawat.

Hal ini juga berlaku pada semua makanan yang mengandung lemak jenuh yang lainnya seperti daging merah, keju dan juga mentega. Makanan tinggi lemak jenuh ini ada hubungannya dengan insulin. Insulin yang meningkat drastis ini bisa merangsang produksi hormon seks yang mana memicu peningkatan jerawat.

Selain beberapa makanan di atas ada beberapa makanan yang mana bisa memicu jerawat pada kulit. Untuk orang yang memiliki alergi, makanan penyebab jerawat adalah makanan yang bisa memicu alerginya kambuh misalnya saja adalah telur, udang dan juga kacang, sehingga makanan tersebut harus dihindari.

Published by Nirwan

Nirwan is a member of SEO Team at MySkin.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Bicara dengan produk spesialis disini!