fbpx

mySkin

Manfaat Antioksidan Untuk Wajah, Penangkal Radikal Bebas

Memiliki kulit wajah berjerawat memang seringkali mengganggu penampilan bahkan dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Tidak hanya jerawat, kulit kusam dan belang-belang ternyata juga menjadi masalah pada wajah lainnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka bisa langsung menggunakan zat antioksidan. Ada banyak manfaat antioksidan untuk wajah yang bisa kamu dapatkan. 

Tidak sedikit dari masyarakat memang lebih popular menggunakan krim dengan kandungan Niacinamide untuk mengatasi berbagai macam masalah pada wajah. Padahal peran dari antioksidan seperti berasal dari vitamin C ternyata juga sangat penting untuk meningkatkan kesehatan pada kulit wajah kamu tersebut. 

Antioksidan ini sendiri dapat mengurangi kuman atau bakteri yang dapat menyebabkan jerawat maupun untuk mengurangi adanya reaksi peradangan pada jerawat. Zat ini sendiri ternyata bisa kamu temukan dari makanan maupun melalui proses sintesis reaksi kimia.

Zat antioksidan banyak digunakan pada bidang kesehatan karena kemampuannya yang dapat menetralisir radikal bebas yang terdapat didalam tubuh. 

Manfaat Antioksidan Untuk Kulit Wajah 

Tidak hanya dapat mengatasi kulit yang berjerawat saja, ternyata ada banyak fungsi antioksidan bagi wajah yang lainnya. Antioksidan berperan untuk melindungi kulit dari dalam keluar dengan cara menjaga sel-sel tubuh agar tidak terkena kerusakan. Berikut ini manfaat zat antioksidan tersebut untuk wajah. 

Mengurangi Gejala Penuaan Dini 

Kerutan maupun garis halus ternyata menjadi salah satu tanda penuaan dini yang dapat terjadi pada siapapun. Apabila tidak segera dicegah, maka penuaan dini akan muncul lebih awal. Penuaan dini dicegah dengan cara mencukupi kebutuhan makanan yang kaya kandungan antioksidan. 

Kandungan radikal bebas yang terdapat pada wajah ternyata sangat banyak seperti akibat paparan sinar matahari. Akibatnya wajah akan memproduksi lebih sedikit kolagen. Antioksidan memiliki peran cukup penting karena mampu mencegah adanya oksidatif sel dan dapat meningkatkan adanya produksi kolagen. 

Melindungi Wajah Dari Bahaya Sinar Matahari 

Antioksidan ternyata berperan untuk melindungi kulit wajah kamu dari bahaya sinar matahari. Kulit wajah kamu dibiarkan terkena cahaya matahari secara terus menerus tanpa adanya perlindungan, jelas akan berbahaya. 

Adapun bahaya terkena sinar matahari secara terus menerus adalah adanya peradangan kulit, kulit akan terbakar hingga bisa meningkatkan risiko untuk terkena kanker kulit. Agar masalah ini tidak terjadi, maka kamu bisa melindungi wajah dengan menggunakan zat antioksidan. 

Mencerahkan Kulit Wajah

Salah satu manfaat dari antioksidan ini sendiri adalah dapat membantu untuk mencerahkan kulit wajah kamu. Perlu diingat apabila radikal bebas maupun sinar matahari memang akan mempengaruhi adanya perubahan produksi melanin kulit sehingga akan membuat kulit wajah kamu menjadi tidak merata. 

Disinilah peran antioksidan memang sangat dibutuhkan karena dapat membantu kulit wajah kamu agar semakin sehat dan cerah. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena beberapa antioksidan seperti vitamin C ternyata dapat berperan untuk penghambat tirosinase. 

Menyembuhkan jerawat 

Salah satu fungsi dari kandungan antioksidan adalah dapat membantu untuk mengatasi jerawat. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena kandungan ini ternyata dapat membunuh bakteri yang penyebab jerawat pada wajah kamu. 

Bukan hanya itu saja, antioksidan inipun ternyata juga berperan untuk mencegah adanya peradangan pada kulit wajah. Dengan cara inilah maka jerawat bisa cepat sembuh dan kulit wajah akan lebih tenang. 

Mengurangi Bintik Hitam

Manfaat antioksidan bagi kulit wajah yang berikutnya adalah mampu mengurangi adanya bintik hitam pada wajah. Bintik-bintik hitam pada wajah disebabkan terpapar sinar matahari secara lama tanpa menggunakan sunscreen. 

Untuk mengatasi masalah inilah, kamu bisa langsung menggunakan produk perawatan dengan kandungan vitamin C. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena kandungan tersebut dipercaya mampu mengurangi adanya pigmentasi melanin pada kulit wajah kamu. 

Cara Mendapatkan Zat Antioksidan untuk Kesehatan Wajah 

Memperoleh zat antioksidan sangat mudah. Kamu dapat memperolehnya melalui beberapa jenis makanan dibawah ini. 

1. Bayam 

Bayam juga menjadi sumber antioksidan yang cukup baik untuk tubuh. Kandungan antioksidan tersebut adalah lutein dan zeaxanthin. Kandungan antioksidan itulah dapat meningkatkan kesehatan wajah kamu. 

2. Buah Nanas

Selain berasal dari sayuran, nanas pun juga menjadi sumber antioksidan yang cukup baik karena memiliki kandungan berupa vitamin C. Kemampuannya untuk menangkal berbagai macam radikal bebas itulah ternyata tidak hanya dapat meningkatkan daya tahan tubuh tetapi juga dapat mengatasi berbagai macam masalah pada wajah. 

3. Jeruk 

Makanan lainnya dengan kandungan antioksidan tinggi adalah buah jeruk ini. Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang dapat menangkal radikal bebas sehingga jerawat, bintik hitam hingga kulit kusam bisa diatasi. 

4. Stroberi 

Konsumsi buah stroberi secara rutin masalah pada wajah dapat diatasi dengan baik. Buah yang memiliki biji di luar inipun ternyata juga memiliki kandungan antioksidan berupa vitamin C yang cukup tinggi.

Keberadaan antioksidan memiliki peran yang cukup penting tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, manfaat antioksidan bagi wajah sangat penting untuk membantu mengatasi masalah pada kulit wajah.

Published by Nirwan

Nirwan is a member of SEO Team at MySkin.

× Bicara dengan produk spesialis