fbpx

mySkin

Cara Mencegah Peradangan Jerawat Dengan Konsumsi Makanan Sehat

Jerawat meradang adalah hal yang tidak diinginkan oleh semua orang. Di mana peradangan jerawat sangatlah mengganggu penampilan. Sehingga, mereka yang mengalami peradangan pada jerawat merasa tidak percaya diri.

Bukan hanya itu saja, jerawat yang meradang bisa membuat kamu merasakan nyeri pada wajah. Hal ini karena peradangan membuat kondisi di mana jerawat mengalami pembengkakan dan kemerahan. Untuk itu jika kamu tidak ingin mengalami peradangan pada jerawat, kamu bisa loh mencegahnya dengan cara mengonsumsi makanan sehat. 

Nah, berikut ini ada beberapa makanan sehat yang bisa kamu manfaat untuk mencegah inflamasi atau peradangan pada jerawat.

Makanan Sehat untuk Mencegah Peradangan Jerawat

1. Alpukat

Alpukat ternyata bisa mencegah inflamasi atau peradangan pada jerawat loh. Selain terkenal akan kelezatannya itu, memiliki nutrisi yang baik untuk wajah. Dalam hal ini, alpukat mengandung vitamin E yang berfungsi untuk meningkatkan kelembaban kulit wajah.

Selain vitamin E, alpukat juga mengandung vitamin C. Seperti yang kamu tahu vitamin C adalah sumber antioksidan. Manfaat antioksidan bisa membantu mengurangi peradangan jerawat. Sehingga, dengan mengonsumsi alpukat secara rutin jerawat yang muncul pada wajah tidak akan mengalami inflamasi.

2. Anggur Merah

Selain alpukat, buah anggur, khususnya anggur merah mampu mencegah peradangan jerawat loh. Hal ini karena buah anggur merah kaya antioksidan yang mampu melawan radikal bebas.

Sehingga mengonsumsi buah anggur yang tentunya rutin bisa membuat kulit menjadi sehat dan pastinya bisa menghindarkan dari peradangan pada jerawat.

3. Kacang-Kacangan

Seperti yang kamu tahu, banyak orang atau bahkan mungkin kamu sendiri menganggap jika kacang-kacangan mampu menimbulkan jerawat hingga terjadi peradangan pada jerawat. Nyatanya, kacang-kacangan mampu menghilangkan peradangan pada jerawat hingga jerawat tersebut hilang.

Hal ini karena kacang-kacangan, seperti kacang kedelai dipercaya mengandung omega 3 yang mencegah peradangan. Hal ini karena omega 3 sendiri memiliki sifat anti inflamasi atau anti radang. Selain omega 3, kacang juga mengandung vitamin E yang memberikan kelembutan pada wajah secara alami. 

Bahkan beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang mete mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Bahkan kacang mete sendiri mengandung zinc atau zat besi yang bisa meningkatkan kekebalan yang baik untuk penyembuhan pada jerawat.

4. Mentimun

Selanjutnya, kamu bisa mencegah terjadinya peradangan pada jerawat dengan mengonsumsi mentimun. Hal ini karena mentimun kaya akan vitamin C serta serat yang bisa mengurangi peradangan, hingga menghilangkan jerawat.

Sehingga, jika kamu tidak ingin mengalami peradangan jerawat bahkan ingin jerawat yang muncul segera hilang, seringlah mengonsumsi mentimun.

5. Brokoli

Selain buah, dan kacang-kacangan, makanan sehat yang bisa mencegah terjadinya peradangan pada jerawat adalah sayuran. Salah satu sayuran yang direkomendasikan adalah brokoli.

Brokoli adalah salah satu sayuran yang dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Di mana seperti yang kamu tahu, antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang bisa mencegah terjadinya inflamasi pada jerawat. 

Selain kandungan antioksidan, brokoli juga mengandung beberapa vitamin, seperti vitamin A, B, C, E, dan K. Di mana kelima vitamin tersebut dikenal untuk menjaga kesehatan kulit. Bahkan vitamin K sendiri sangat baik untuk melancarkan sirkulasi darah yang bisa meredakan peradangan serta kemerahan pada kulit.

6. Ikan

Ikan dikenal sebagai makanan yang memiliki kandungan protein serta omega 3 dan omega 6 yang tinggi yang baik untuk kecerdasan otak apalagi untuk anak. Namun, ternyata, bukan hanya itu saja loh manfaat dari ikan.

Kandungan omega 3 dan omega 6 pada ikan mampu meredakan bahkan mencegah terjadinya peradangan pada kulit yang menyebabkan timbulnya jerawat. Untuk itu, orang yang sering mengonsumsi ikan yang mengandung omega 3 dan omega 6 seperti ikan salmon, tuna, digadang memiliki kulit wajah yang terlindungi dari masalah jerawat.

7. Teh Hijau

Mengonsumsi teh hijau ternyata baik untuk kesehatan kulit wajah loh. Hal ini karena teh hijau tergolong dalam jenis makanan anti inflamatori atau anti radang. Sehingga, tidak heran jika teh hijau mampu untuk mencegah peradangan pada kulit, termasuk jerawat.

Nah, itulah beberapa makanan yang dikenal ampuh mengatasi hingga mencegah inflamasi pada jerawat. Selain mengonsumsi makanan di atas, kamu juga wajib loh menjaga kebersihan kulit dengan cara mencuci muka, serta tidak boleh memegang wajah dengan sering. Hal tersebut dilakukan agar wajah terhindar dari masalah jerawat, seperti peradangan.

Published by Nirwan

Nirwan is a member of SEO Team at MySkin.

× Bicara dengan produk spesialis disini!