fbpx

mySkin

Bolehkah Menutupi Jerawat Dengan Bedak?

Bisakah menutupi jerawat dengan bedak? – Jerawat menjadi polemik yang sering dikeluhkan oleh banyak orang dengan berbagai macam usia. Jerawat ini tidak bisa hilang dengan instan, terlebih jika penanganannya salah akan menyebabkan kondisi jerawat tersebut bertambah buruk, area jerawat semakin meluas bahkan meradang.

Untuk mengatasinya banyak kemudian yang menutupinya dengan make up seperti bedak dan sebagainya. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apa boleh menutupi jerawat dengan bedak maupun make up tersebut?

Menutupi Jerawat dengan Bedak dan Make Up

Kulit yang berjerawat ini akan menyebabkan seseorang menjadi tidak percaya diri terutama saat harus tampil di muka umum sehingga menutupi jerawat dengan bedak  atau make up ini menjadi satu-satunya cara yang bisa dilakukan agar jerawat tersebut tidak mengganggu penampilan.

Dalam jangka pendek dan dengan frekuensi yang jarang kamu diperbolehkan untuk menutup jerawat dengan bedak atau make up ini. Namun jika intensitasnya sering bahkan setiap hari sangat tidak disarankan bagi kamu untuk menggunakan bedak tersebut.

Bisa dibayangkan betapa berat kondisi pori-pori kulitmu jika setiap harinya diberikan berbagai macam lapis make up seperti foundation, bedak padat dan sebagainya. Alasan mengapa kulit yang berjerawat ini tidak boleh ditutupi dengan bedak karena bisa menutupi pori-pori kulit. Akibatnya adalah pengeluaran sebum dari folikel rambut menjadi terhambat. Selain jerawat akan bisa memicu masalah kulit yang lainnya seperti komedo, kulit berminyak, kusam dan bahkan mampu membuat kulit kamu meradang dan breakout.

Efek Buruk Menutupi Jerawat dengan Bedak

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa penggunaan bedak untuk menutupi jerawat ini bisa membuat jerawat kamu semakin bertambah parah dan memicu peradangan. Saat sudah meradang kamu akan merasakan ketidaknyamanan di kulit seperti rasa nyeri, perih terbakar, jerawat bertambah besar dan berisi nanah dan sebagainya.

Untuk kasus peradangan yang parah, kamu tidak hanya membutuhkan skincare untuk masalah jerawat saja namun kamu juga memerlukan obat oral seperti antibiotik dari dokter untuk bisa meredakan peradangan tersebut.

Dalam kasus yang ringan, menutupi jerawat dengan bedak ini akan memicu komedo karena sebum tidak bisa keluar dari folikel rambut sehingga menumpuk di pori-pori kulit. Jerawat akan menjadi sulit hilang karena pori-pori selalu tertutupi dengan bedak dan make up yang tebal tersebut.

Tunggu Sampai Jerawat Mereda

Pemakaian bedak dan make up yang sembarangan akan membuat kondisi jerawat yang dialami akan semakin parah.  Menurut para ahli lebih baik tidak menggunakan bedak maupun make up lainnya sampai jerawat ini mereda. Ada banyak kandungan di dalam bedak maupun make up yang akan membuat kondisi jerawat meradang dan tidak mudah mereda.

Yang harus kamu ketahui disini adalah kulit yang sedang meradang karena jerawat akan jauh lebih sensitif. Kulitmu akan mudah mengalami iritasi sehingga bersabarlah untuk tidak menggunakan bedak dan makeup sampai kulitmu benar-benar membaik.

Bedak dengan kandungan minyak yang berlebih ini akan membuat kulitmu semakin berminyak, hal itulah yang dipercaya bisa membuat kondisi kulit berjerawat yang kamu alami semakin parah. Ada juga beberapa produk make up yang bisa memicu timbulnya jerawat seperti acne cosmetic. Orang yang tidak pernah mengalami jerawat pun akan berjerawat saat menggunakan make up tersebut.

Atasi Jerawat dengan Cara yang Tepat

Semakin cepat jerawat yang kamu alami ini mereda maka semakin cepat kamu bisa menggunakan make up atau bedak itu kembali. Sayangnya perawatan yang tidak tepat justru akan membuat proses penyembuhan jerawat ini semakin lama.

Disarankan bagi kamu yang sedang mencari penyembuhan untuk jerawat untuk berkonsultasi dengan dokter kulit yang profesional dan terpercaya.  Dengan kompetensi yang dimiliki mereka, kamu akan mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit kamu.

Konsultasikan Kulit Berjerawat di mySkin

Kini kamu tidak perlu bingung lagi jika mengalami masalah jerawat yang membandel, karena sudah ada mySkin yang mana menjadi platform dokter online terbaik dan terpercaya di Indonesia. Dokter kulit mySkin sudah sangat terlatih dan juga profesional dengan pengalaman 9 sampai dengan 25 tahun dalam perawatan kulit.

Kelebihan konsultasi di mySkin adalah hemat karena biaya konsultasinya gratis. Selain itu kamu akan mendapatkan cream jerawat yang mana komposisi bahannya disesuaikan dengan keparahan jerawat yang kamu alami sehingga dijamin cocok dan juga aman. Konsultasi di mySkin juga sangat fleksibel karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja secara online.

Jangan pernah menutupi jerawat dengan bedak, karena efeknya sangat buruk untuk kulit kamu, dapatkan kulit mulus bebas jerawat dengan konsultasi di mySkin, dijamin kamu akan puas dengan hasilnya, konsultasi sekarang juga!

Published by Rifzan Ahmad

Rifzan Ahmad is a content writer, experienced as writer since 2012, currently He has active as Team Manager at Writergudeg.

× Bicara dengan produk spesialis