fbpx

mySkin

Ketahui Setiap Jenis Perawatan dan Mengatasi Mitos Jerawat

Baik pria atau wanita, jerawat tentu sangat mengganggu dan harus segera dibasmi demi menjaga penampilan bagian wajah terutama. Alasan lain mengapa perlu segera mengatasi hal tersebut adalah supaya tidak terdapat minyak cukup mengganggu di daerah wajah pastinya.

Namun seiring proses mengobati juga terdapat ragam mitos jerawat dimana belum pasti dan harus diketahui terlebih dahulu kebenarannya. Membahas munculnya jerawat, biasanya memang momen paling sering terjadi ketika masih dalam masa pubertas dimana pada saat remaja.

Tentu saja ada berbagai jenis faktor dimana menjadi pemicu utama adanya jerawat. Tetapi untuk orang di Indonesia, ada kalanya beberapa jenis mitos terkait hal ini bisa sangat dipercaya tanpa ada alasan jelas.

Alasan Jerawat Bisa Muncul 

Hampir setiap kali jerawat berada di bagian wajah, pertanyaan seputar faktor keluarnya masih sering dicari. Sejatinya memang ada ragam jenis alasan atau kejadian dimana memang menjadi pemicu utama dan harus diketahui betul oleh sebagian besar orang.

Bila memahami dan mengetahui terkait kemunculan jerawat, maka nantinya dalam proses penyembuhan lebih terasa aman. Seperti berikut merupakan faktor atau alasan dimana kemunculan sebuah jerawat bisa terjadi secara mudah :

1. Keturunan

Hal paling dasar tentu saja dari segi keturunan dimana hal tersebut tidak bisa dihindari dan semakin rentan terjadi. Untuk itu, biasanya para orang tua ketika anaknya memiliki jerawat akan memberikan perawatan atau obat sebagai pembasmi jerawat tersebut. Namun, bagian terpenting tentu saja selalu menjaga kebersihan daerah sekitar wajah supaya tidak memicu timbulnya hal ini.

2. Tidak cocok produk perawatan

Biasa para wanita sering mendapati atau merasakan terutama ketika sudah membeli barang sebagai perawatan dan terasa tidak cocok. Mulai dari produk seperti perawatan kulit, pelembab, hingga ragam jenis kosmetik pemakaian setiap harinya.

Bila tidak cermat, maka hampir bisa dipastikan wajah bisa mendapati banyak sekali jerawat karena rasa tidak cocok. Bahkan, produk perawatan sendiri mampu menyumbat bagian dari pori-pori wajah.

3. Perubahan Hormon

Faktor lain dimana bisa berhubungan dengan keturunan adalah tingkat perubahan hormon cukup dratis baik pria atau wanita. Tak bisa dipungkiri juga, bahwa setiap jenis hormon memiliki fungsi tersendiri dimana menunjukkan bahwa seseorang sudah bertambah dewasa.

Baca Juga: Hormon Penyebab Jerawat

Seiring terjadinya perubahan ini, maka hampir semua bagian akan terkena termasuk kulit wajah dan memicu terjadi jerawat.

4. Adanya minyak berlebih

Pastinya pada bagian wajah atau terkhusus bagian kulit manusia dapat memproduksi dan menghasilkan namanya minyak. Sebenarnya tujuan utama dari adanya minyak adalah sebagai pelumas agar bagian kulit tidak mudah kering atau setidaknya tetap lembab.

Tetapi, bila berlebihan juga sangat merugikan karena memicu bagian pori-pori tertutup sehingga bakteri bisa hidup dan menjadi jerawat.

Mitos Seputar Perawatan Wajah

Setelah mengetahui faktornya, membahas mitos menjadi suatu hal penting supaya masyarakat tidak salah dalam merawat wajah. Tentu bisa sangat fatal bila pengetahuan seputar perawatan ini dijalankan dengan tidak benar atau mungkin salah metode.

Membahas perlahan seputar perawatan wajah ini dan keberadaan mitos yang ada ini, tentu bagian terpenting mencari lebih dalam informasinya.

Mengenai mitos berada saat ini mengenai perawatan wajah mengenai jerawat, berikut adalah hal mengenai seputar hal tadi :

1. Rutin mencuci wajah

Kebiasaan paling banyak dan menjadi jalan cepat untuk segera membasmi jerawat adalah melalui rutin mencuci wajah dengan sabun. Mitos satu ini justru sebenarnya tidak benar, karena akan merusak maupun membuat kulit menjadi kering.

Padahal, pada saat kulit menjadi lembab pada permukaannya pembasmian jerawat menjadi lambat. Untuk itu, cuci saja wajah dalam sehari cukup dua kali saja dengan melihat kandungan sabunnya.

2. Tidak makan cokelat

Sebagai bentuk perawatan, biasanya banyak orang mengatakan bahwa tidak boleh makan berbahan cokelat supaya cepat sembuh seputar jerawat. Sebenarnya ini salah dan tidak berhubungan, karena bagian terpenting yaitu dari kandungan gula dari makanan tidak hanya cokelat yang bisa memicu tentunya.

Inilah mengapa ketika seorang sedang mendapati wajahnya mendapat jerawat harus mengonsumsi makanan dengan kandungan gula rendah.

3. Lakukan pemencetan jerawat

Mungkin ini sudah menjadi hal paling umum dan sering dilakukan oleh setiap orang dimana saja demi menghilangkan jerawat. Justru sebenarnya ketika sering memencet atau menekan jerawat dengan jari tangan bisa memicu lebih banyak jerawat tersebut. Bahkan, bila tidak cukup hati-hati akan membuat suatu bekas di wajah sehingga justru akan merugikan ketika memencet ini.

Inilah segala hal seputar pemicu dan mitos jerawat dalam proses penyembuhannya dimana terkadang justru merugikan. Dengan adanya beberapa informasi di atas, pastinya masyarakat sudah tidak perlu khawatir lagi bila jerawat muncul cukup banyak.

Sebagai saran, tentu saja harus selalu menjaga kebersihan dan juga merawat sekalipun nantinya jerawat muncul karena hormon dalam tubuh.

Published by Nirwan

Nirwan is a member of SEO Team at MySkin.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Bicara dengan produk spesialis disini!