fbpx

mySkin

Pakai Masker Jadi Jerawatan, Ini Agar Tidak Kena Maskne

Sejak pandemi virus Covid-19 menyerang, masker sudah menjadi hal yang sangat wajib ketika akan melakukan aktivitas diluar rumah. Namun untuk sebagian orang bisa menimbulkan masalah pada kulit yaitu jerawat atau yang dikenal dengan sebutan maskne. Pakai masker jerawatan? Lalu gimana sih solusinya?

Maskne atau mask acne merupakan jerawat yang muncul di area yang tertutupi oleh masker seperti dagu, hidung, dan pipi. Seperti yang sudah kita tahu, jerawat juga bisa mengganggu penampilan. 

Penyebab pakai masker jadi jerawatan disebabkan karena penggunaan masker dalam jangka waktu yang lama, sehingga kulit wajah akan mengalami gesekan dengan masker. Gesekan ini memicu adanya iritasi dan peradangan pada kulit. Selain itu, berbicara dan menghela napas juga bisa menyebabkan hawa panas yang akan membuat kulit wajah menjadi berkeringat dan lembab. Kondisi seperti ini akan menyebabkan jerawat muncul karena kuman dan bakteri dapat berkembang biak.

Tips Pakai Masker Tidak Jerawatan!

Agar jerawat tidak muncul, penggunaan masker yang tepat sangat penting. Banyak sekali orang-orang yang menyalahgunakan penggunaan masker medis. Masker medis atau masker bekas hanya bisa digunakan dalam satu kali pemakaian, namun beberapa orang justru menggunakan masker jenis ini berulang kali. Ada juga sudah menggunakan masker kain, namun dicuci dengan asal atau malah jarang dicuci sehingga menjadi tempat pertumbuhan bakteri yang merupakan penyebab pakai masker bisa jerawatan.

Nah, semua hal diatas bisa menimbulkan adanya iritasi, peradangan, dan berbagai jenis kuman pada kulit sehingga bukan hanya jerawat saja yang akan muncul, namun penyakit lainnya. Beberapa penyakit kulit lain yang bisa muncul adalah biang keringat, eksim, dermatitis seboroik, dan rosaea. Untuk menghindari hal mengerikan tersebut, berikut ini solusi agar tidak jerawatan saat pakai masker.

Menggunakan Pelembap

Karena akan terjadi gesekan antara masker dan kulit wajah, sangat penting untuk memastikan kulit wajah selalu dalam kondisi yang terhidrasi atau lembab. Kulit wajah yang kering akan lebih berisiko menimbulkan masalah pada kulit. Kamu bisa menggunakan produk pelembap favoritmu dan pastikan produk tersebut nyaman dan tidak mengandung minyak berlebih. Kandungan minyak yang berlebih juga merupakan salah satu faktor yang bisa memicu munculnya jerawat.

Menggunakan Sunblock Wajah

Sunblock atau tabir surya tidak hanya untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari saja. Penggunaan sunblock akan mencegah terjadinya iritasi pada kulit wajah akibat penggunaan masker lho! Oleh sebab itu gunakan tabir surya khusus wajah 15 menit sebelum keluar rumah, ya.

Menggunakan Make Up Sewajarnya

Meskipun menggunakan masker, beberapa orang ingin terlihat tetap menawan, khususnya wanita. Tak jarang beberapa wanita tetap menggunakan make up meskipun akan tertutupi oleh masker. Namun, sangat disarankan tidak menggunakan make up terlalu tebal karena makeup yang digunakan bisa menyumbat pori-pori sehinggga memicu munculnya jerawat. 

Membersihkan Wajah Setelah Pakai Masker

Setelah melakukan aktivitas diluar rumah, pastikan untuk selalu membersihkan wajah ya! Selain untuk memastikan wajah bersih dari virus, membersihkan wajah setelah seharian menggunakan masker akan mencergah timbulnya jerawat. Pastikan untuk memilih sabun cuci wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Menggunakan Masker Dengan Bijak

Langkah terakhir agar tidak mudah jerawatan saat menggunakan masker adalah dengan menggunakan masker secara bijak. Ketahuilah jenis-jenis masker dan cara penggunaannya. Untuk masker bedah, jangan menggunakannya berulang kali atau seharian penuh. Segera ganti masker jika dirasa sudah lembap. Lebih baik selalu membawa masker tambahan jika kamu sedang memiliki aktivitas diluar rumah yang sangat padat.

Jika masker yang kamu gunakan adalah masker jenis kain, maka jangan gunakan kembali masker yang sudah dipakai sebelum dicuci. Cucilah masker kainmu dengan menggunakan air panas untuk membunuh segala jenis kuman yang menempel pada permukaan kain.

Nah, itu dia beberapa solusi untuk kamu yang mudah sekali jerawatan saat menggunakan masker. Jika kamu melakukan hal diatas, bukan hanya jerawat saja yang bisa kamu cegah, kamu juga akan mendapatkan kulit wajah yang lebih bersih dan sehat. Selalu jaga kesehatan diri dengan selalu menggunakan masker saat berpergian yaa! Pakai masker jerawatan? Tidak lagi!

Published by Nirwan

Nirwan is a member of SEO Team at MySkin.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Bicara dengan produk spesialis disini!