fbpx

mySkin

Pemicu Jerawat Saat Musim Hujan

Bagi sebagian orang yang memiliki jenis wajah sensitif terhadap cuaca, tentu musim hujan akan membuat pening kepala. Mengapa demikian? Bagaimana tidak, jika ternyata cuaca dingin malah dapat menjadi pemicu jerawat saat musim hujan, lho. 

Usut punya usut, ternyata cuaca dingin memang menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat pada kulit seseorang. Cuaca dingin akan membuat kulit menjadi kering. Nah, kulit yang sudah kehilangan kelembapan alaminya inilah yang akan memproduksi minyak berlebih. 

Tujuannya adalah untuk menyeimbangkan kondisi kering yang ada pada kulit yang ada disekitarnya. Kondisi pada kulit berminyak berlebih inilah yang pada akhirnya menjadi pemicu dari munculnya jerawat pada kulit Anda. 

Pemicu Jerawat Pada Saat Musim Hujan

Lalu sebenarnya apa saja penyebab timbulnya jerawat ketika cuaca dingin atau waktu hari hujan? Simak beberapa penyebabnya berikut untuk Anda. 

Sering Mandi Air Hangat

Cuaca dingin yang dirasakan ketika musim hujan tentunya membuat banyak orang merasa malas pergi kemana-mana pastinya. Selain itu, musim hujan juga membuat sebagian orang malas mandi menggunakan air dingin. 

Nah, karena tidak ingin mandi air dingin pastinya Anda akan lebih memilih mandi dengan menggunakan air hangat. Mandi menggunakan air hangat memang dipercaya mampu memberikan sensasi tersendiri bahkan memberikan relaksasi pada tubuh dan kulit seseorang. 

Namun, pada dasarnya penggunaan air hangat sebenarnya malah dapat mengikis kelembapan yang ada pada kulit Anda sehingga menyebabkan kulit terasa lebih kering. Nah, kondisi kering pada kulit inilah yang kemudian menyebabkan aktifnya produksi minyak berlebih, sehingga dapat menjadi salah satu pemicu jerawat saat musim hujan berlangsung. 

Memakai Pelembab Terlalu Banyak

Cuaca dingin memang menjadi salah satu penyebab hilangnya kelembapan pada kulit, sehingga dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Kulit yang kering tentu butuh dihidrasi agar kembali lembab. 

Untuk mengembalikan kelembapan kulit, kebanyakan orang akan menggunakan pelembab. Namun perlu Anda ketahui, bahwa penggunaan pelembab yang berlebihan malah akan menimbulkan masalah pada kulit, salah satunya adalah jerawat. 

Pengaplikasian pelembab yang terlalu banyak ini justru akan menyumbat pori-pori yang pada akhirnya dapat memicu timbulnya jerawat. Jadi, lebih berhati-hatilah saat menggunakan pelembab ketika cuaca dingin, ya!

Malas Mencuci Muka

Mencuci wajah merupakan salah satu hal yang wajib Anda lakukan untuk menjaga kebersihan kulit wajah. Untuk membersihkan wajah, Anda bisa menggunakan sabun pencuci wajah sesuai selera. Namun upayakan untuk memilih sabun pencuci wajah yang memiliki kandungan ph rendah sehingga kulit tidak mudah iritasi. 

Tahukah Anda bahwa ternyata masih sangat banyak orang yang memiliki kebiasaan buruk yakni malas mencuci wajah? Terlebih jika sudah merasa sangat lelah dan mengantuk. Tentunya kegiatan mencuci wajah ini akan di skip dan langsung tidur saja. 

Padahal, ketika Anda tidur dengan kondisi wajah kotor, maka debu dan kotoran yang ada diwajah akan menempel pada sarung bantal sehingga bisa menjadi pemicu jerawat saat musim hujan. Oleh sebab itu, jangan pernah malas untuk mencuci muka karena dampaknya cukup besar bagi wajah Anda. 

Perawatan Wajah yang Tidak Tepat

Penyebab timbulnya jerawat pada kulit wajah Anda adalah perawatan wajah yang tidak tepat. Merawat kulit ketika cuaca dingin merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Berbagai merek skincare pun banyak yang mengeluarkan produk berformula tinggi. 

Namun, meskipun diklaim memiliki formula yang bagus, tetap saja ada sisi kekurangan yang dimiliki. Krim yang memiliki formula cukup tebal tentunya malah dapat menyumbat pori-pori Anda sehingga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. 

Kurangnya Pelembab

Penyebab timbulnya jerawat pada kulit wajah Anda selanjutnya adalah karena kurangnya penggunaan pelembab. Seperti yang diketahui bersama, bahwa penggunaan pelembab yang berlebihan malah akan menimbulkan banyak jerawat. 

Namun, kurangnya penggunaan pelembab pada cuaca dingin juga dapat menyebabkan aktifnya produksi minyak berlebih, sehingga hal inilah yang dapat menjadi salah satu pemicu jerawat saat musim hujan. 

Tidak Menggunakan Sunscreen

Saat musim hujan tentunya matahari tidak akan menampakkan cahayanya. Namun, tidak terlihatnya matahari selama hari hujan bukan berarti bahaya akan sinar UV menjadi berkurang. Perlu Anda ketahui juga, bahwa sinar matahari tetap akan menembus awan tanpa Anda sadari. 

Hal ini tentu akan membuat kulit Anda terlalu banyak terpapar sinar matahari meskipun tanpa Anda sadari sebelumnya. Untuk itulah, jangan lupa mengaplikasikan sunscreen meskipun hari sedang hujan, karena sinar matahari dapat menembus benda apapun. 

Penggunaan sunscreen tentu akan membantu Anda dalam mencegah sinar UV langsung mengenai kulit Anda, sehingga kulit akan lebih terjaga dengan baik. Ada banyak hal yang bisa ditimbulkan akibat paparan sinar UV yang terlalu berlebihan, salah satunya adalah timbulnya jerawat ini. 

Inilah beberapa hal yang dapat menjadi pemicu jerawat saat musim hujan sedang berlangsung. Untuk itu, tetap jaga kulit Anda dengan cara yang tepat agar tidak menimbulkan masalah seperti halnya jerawat. 

Published by Nirwan

Nirwan is a member of SEO Team at MySkin.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Bicara dengan produk spesialis disini!