fbpx

mySkin

Ini Dia 10 Penyebab Bruntusan Pada Wajah Kamu

Tidak hanya jerawat saja yang bisa membuat kecantikan kulit berkurang. Masih ada banyak lagi masalah kulit lainnya yang bisa membuat kecantikan kulit berkurang seperti komedo, flek hitam dan sebagainya.  Jika kemarin sudah dibahas tentang jerawat pada pria maupun wanita, kali ini akan dibahas tentang bruntusan. Sama seperti dengan jerawat bruntusan ini sering menyerang pria maupun wanita. Bruntusan ini akan menyebabkan kulit terasa kasar dan tidak mulus lagi. Bruntusan biasanya muncul di pipi maupun di dahi. Bruntusan sendiri merupakan masalah kulit berupa kondisi muncul bintik kecil dan juga warna kemerahan di sekitar area wajah.  Bruntusan ini menjadi masalah kulit yang paling banyak terjadi setelah jerawat. Lalu apa saja penyebab bruntusan tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini:

Pola Makan Tidak Sehat

Hal pertama yang bisa menjadi penyebabnya adalah pola makan tidak sehat. Apa yang Kamu makan ini akan berpengaruh terhadap kesehatan dan kecantikan kulit. Banyak orang yang terlihat awet muda dibandingkan dengan usia sebenarnya dikarenakan menjaga pola makannya. Jika Kamu sering mengkonsumsi makanan berlemak dan berminyak akan menyebabkan kulit Kamu menjadi tidak sehat dan memicu terjadinya bruntusan.

Kurang Buah dan Sayur

Jika Kamu ingin kulit yang lebih sehat, cerah dan terawat mengkonsumsi buah dan sayur ini bisa menjadi andalan . Banyak orang yang terlihat muda karena mencukupi kebutuhan sayur dan buah setiap harinya. Sayur dan buah yang Kamu makan tersebut mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kulit. Kurang mengkonsumsi sayur dan buah bisa  membuat kulit Kamu menjadi kering dan mudah bruntusan.

Kurang Air Putih

Jika Kamu kurang mengkonsumsi air putih setiap harinya maka bersiaplah untuk bruntusan. Bruntusan akibat kurang minum air putih tersebut akan muncul di dahi. Kulit yang tidak terhidrasi dengan baik memang sangat mungkin terserang berbagai macam masalah kulit salah satunya bruntusan ini.

Paparan Sinar Matahari dan Keringat

Orang yang bekerja di outdoor ini sangat rentan untuk terkena jerawat, bruntusan dan masalah kulit lainnya. Paparan sinar matahari yang terik akan membuat kulit Kamu berkeringat dan saat kelenjar minyak memproduksi minyak berlebihan saat itulah bruntusan ini akan muncul. Tidak hanya kasar namun Kamu juga akan merasakan gatal dan perih.

Jarang Mencuci Muka

Penyebab bruntusan selanjutnya adalah jarang mencuci muka. Mencuci muka ini sangat penting untuk melepaskan kotoran dan mengangkat minyak yang berlebihan di wajah. Cuci muka tidak hanya menggunakan air biasa saja namun juga disertai dengan sabun muka. Air saja tidak akan efektif untuk membersihkan kotoran dan minyak yang menempel di kulit Kamu.

Jarang Eksfoliasi Kulit

Jika Kamu sering pergi keluar rumah atau memiliki kegiatan outdoor setiap harinya eksfoliasi ini sangat penting untuk Kamu lakukan. Eksfoliasi ini untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati yang ada di permukaan kulit. Jika tidak pernah melakukan eksfoliasi ini mudah bagi kulit Kamu untuk kusam, bruntusan dan berjerawat. Sel kulit mati yang menumpuk harus segera dihilangkan agar regenerasi sel bisa cepat terjadi di kulit Kamu.

Kotoran Rambut

Malas dalam membersihkan rambut ini akan membuat rambut Kamu kotor dan kotoran tersebut akan mudah untuk menempel di kulit Kamu. Saat kondisi rambut kotor maka pastikan jika rambut tersebut tidak menempel di kulit wajah Kamu. Selain itu saat wajah Kamu berkeringat pastikan jika tidak ada bagian rambut yang menempel di kulit atau wajah.

Sisa Makeup

Orang yang sering make up setiap hari ini berisiko untuk terkena jerawat dan bruntusan. Penting sekali bagi Kamu yang sering makeup untuk membersihkan sisa makeup sesegera mungkin. Sayangnya saat badan sudah terasa lelah dan mengantuk membersihkan kulit muka ini menjadi hal yang sering diabaikan. Minimal Kamu bisa membersihkan makeup tersebut dengan remover supaya sisa makeup tersebut tidak menjadi residu di pori-pori kulit Kamu. Sisa makeup yang menempel di pori-pori wajah ini yang akan menyebabkan Kamu bruntusan. Jika Kamu masih tetap bruntusan meski sudah rajin membersihkan make up, Kamu bisa mencoba untuk tidak menggunakan make up atau juga bisa menggantinya dengan make up yang lebih ringan.

Kebersihan Tempat Tidur

Sama halnya dengan jerawat dimana kebersihan tempat tidur yang kurang terjaga ini bisa memicu bruntusan. Sprei, sarung bantal dan guling kotor ini akan langsung bersentuhan dengan kulit Kamu. Bakteri akan berpindah dari media tersebut ke kulit Kamu sehingga hal ini akan menyebabkan kulit Kamu bermasalah. Kamu bisa melakukan pergantian sprei, sarung bantal dan guling ini seminggu sekali.

Alergi

Jika Kamu sudah melakukan perawatan kulit yang tepat namun tetap saja bruntusan bisa jadi Kamu mengalami alergi. Alergi ini bisa disebabkan oleh produk kecantikan tertentu. Produk kecantikan ini memiliki kandungan yang berbeda dan disesuaikan dengan jenis kulit.  Sebelum menggunakan produk tersebut maka penting untuk mengetahui bahan penyusunnya terlebih dahulu. Penting juga untuk mengetahui kondisi kulit Kamu. Jika kulit Kamu sensitif maka Kamu tidak bisa berteman dengan fragrance, alkohol, maupun dengan natural oil di dalam produk skin care maupun kosmetik Kamu.  Bruntusan memang sering kambuh. Dengan mengetahui apa saja penyebab bruntusan tersebut Kamu bisa mencegah bruntusan muncul yang mana bisa mengganggu kecantikan kulit Kamu, semoga informasi ini bermanfaat.

Published by Nirwan

Nirwan is a member of SEO Team at MySkin.

× Bicara dengan produk spesialis