fbpx

mySkin

Penyebab Jerawat Batu

Salah satu jenis jerawat yang menjadi momok bagi banyak orang adalah jerawat batu atau acne vulgaris. Mengapa? Dibandingkan jenis jerawat lain, jerawat batu ini memiliki penampilan yang cukup mencolok yaitu seperti bisul bernanah. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari tahu penyebab jerawat batu ini agar bisa terhindar.

Penting sekali bagi kamu untuk paham mengenai penyebab masalah kulit yang satu ini. Untuk itu, kamu bisa menyimak ulasan di bawah mengenai penyebab dari jerawat batu ini.

Penyebab Jerawat Batu

Ketika ditanya penyebab jerawat batu, tentu kamu akan menjawab karena kondisi kulit yang kotor. Padahal selain itu, banyak sekali faktor lain yang menyebabkan jerawat batu ini. Berikut kami telah merangkum beberapa penyebab dari jerawat batu.

Pori-Pori Tersumbat

Pori-pori tersumbat menjadi alasan pertama mengapa jerawat batu bisa muncul pada kulitmu. Banyak sekali penyebab dari pori-pori tersumbat ini. Mulai dari kotoran yang menempel, minyak berlebih, bakteri, bekas make up, dan masih banyak lagi.

Residu kotoran yang tertinggal selama beberapa waktu akan menumpuk dan menyumbat pori-pori. Apabila tidak segera dibersihkan, tumpukan kotoran tersebut bisa menjadi media yang ideal bagi bakteri berkembang biak. Alhasil munculah jerawat batu dari tumpukan kotoran yang terkontaminasi bakteri tersebut tersebut.

Faktor Hormon

Munculnya jerawat batu pada kulit, tidak bisa selalu dikaitkan dengan kondisi kulit yang kotor. Faktor hormonal juga menjadi salah satu penyebab alami munculnya jerawat mengerikan ini.

Faktor hormonal biasanya terjadi pada saat seseorang mengalam pubertas di masa remaja. Pasalnya pada masa pubertas ini hormon androgen bisa meningkat secara drastis. Peningkatan hormon ini memicu kulit untuk memproduksi sebum secara berlebihan. Alhasil sel kulit mati pun bisa menumpuk dalam waktu singkat.

Tidak hanya pada masa remaja, faktor hormonal ini juga bisa terjadi pada beberapa kondisi. Seperti kehamilan, siklus menstruasi, melahirkan, obat yang merangsang hormon, dan masih banyak lagi.

Keringat Berlebih

Tahukah kamu bahwa ternyata kulit yang terlalu berkeringat bisa menyebabkan jerawat batu? Ya, produksi keringat yang berlebihan akan membuat pori-pori kulit terbuka secara sempurna. Apabila tidak menjaga diri dengan baik, pori-pori ini bisa menjadi jalan masuk yang ideal bagi bakteri dan kotoran.

Kotoran dan bakteri yang bersarang di bawah kulit ini akan membentuk benjolan yang keras dan bernanah. Apabila tidak segera ditangani, jerawat ini bisa terus membesar dan membentuk jerawat batu seperti bisul.

Kelembapan Kulit Terlalu Tinggi

Ternyata selain bisa menyebabkan bau badan tidak sedap, produksi minyak berlebih juga bisa membuat kelembapan kulit meningkat. Pada kondisi ini, kamu perlu waspada karena bakteri bisa berkembang dengan baik dan menyebabkan jerawat.

Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak sangat dilarang menggunakan face oil. Produksi keringat berlebih ditambah dengan pelembab dari kosmetik akan membuat kulitmu super berminyak. Yang nantinya bisa menjadi lahan empuk bagi jerawat batu untuk tampil.

Faktor Genetik

Selain perubahan hormon, faktor penyebab jerawat batu secara alami dari dalam tubuh bisa juga karena faktor genetic. Faktor genetic ini memungkinkan kamu memiliki risiko bawaan dari lahir untuk terkena jerawat batu.

Karena berdasarkan keturunan, faktor genetic ini tidak bisa dihindari. Hal yang harus kamu lakukan adalah berusaha semaksimal mungkin agar risiko kerawat batu ini bisa diminimalisir. Apabila jerawat batu sudah muncul, hal yang bisa kamu lakukan adalah melakukan penanganan untuk menghilangkannya.

Skincare Tidak Cocok

Setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda. Oleh karena itu, skincare yang cocok digunakan orang lain, belum tentu cocok di kulitmu. Hal pertama yang menjadi pertanda skincare tidak cocok dengan kulitmu adalah munculnya jerawat.

Apabila terus dipaksakan, skincare ini bisa membuat jerawatmu semakin meradang. Dalam waktu singkat, jerawat tersebut akan mengeras dan membentuk jerawat batu.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan skincare perhatikan terlebih dahulu aturan penggunaan. Jangan sekali-kali menggunakan skincare yang tidak diperuntukan untuk jenis kulitmu. Contohnya kamu memiliki kulit berminyak, tetapi kamu menggunakan skincare untuk kulit kering. Sudah bisa dipastikan kulitmu akan semakin berminyak dan memicu jerawat.

Kurang Menjaga Kebersihan

Faktor penyebab jerawat batu yang terakhir adalah kurangnya kebersihan dari diri kamu. Jarang mandi dan malas membersihkan wajah akan membuat kotoran menumpuk di permukaan kulit. Selain kotoran, malas membersihkan diri juga bisa membuat sel kulit mati menyumbat pori-pori.

Kedua kondisi ini bisa menjadi faktor pemicu dari munculnya jerawat batu. Oleh karena itu, kamu harus menjaga kebersihan dengan baik.

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai beberapa faktor penyebab jerawat batu atau acne vulgaris. Semoga dengan informasi ini bisa membantumu agar terhindar dari jerawat batu.

Published by Nirwan

Nirwan is a member of SEO Team at MySkin.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Bicara dengan produk spesialis disini!