fbpx

mySkin

Penyebab Jerawat di Leher & Cara Mengatasinya

Munculnya jerawat di leher memang dapat menyebabkan rasa percaya diri menurun. Biasanya para remaja yang mengalami pubertas lebih sering mengalaminya dibandingkan orang dewasa.

Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan kalau orang dewasa juga bisa terkena jerawat di leher. Penyebab jerawat di leher bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kebersihan leher dan rambut, atau efek dari konsumsi obat-obatan.

Bentuk jerawat di leher biasanya berupa benjolan keras yang muncul pada bagian permukaan bawah kulit. Benjolan jerawat pada leher ini terkadang bisa menimbulkan rasa sakit, khususnya saat anda mencobanya untuk memencet nya.

Kondisi jerawat pada leher ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, dan berikut ini adalah penjelasannya.

Penyebab Jerawat di Leher

1. Membiarkan keringat terlalu lama

Saat anda melakukan olah raga atau melakukan aktivitas fisik, bagian yang berkeringat tidak hanya pada satu tempat saja.

Salah satunya pada kulit leher yang biasanya orang abaikan begitu saja. Dengan membiarkan keringat yang terlalu lama dan tidak dibersihkan, maka sangat mungkin bisa menyebabkan jerawat pada leher.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Cepat

Karena itulah kita perlu membersihkan semua permukaan kulit dari keringat termasuk leher agar tidak menjadi sarang perkembangbiakan bakteri yang dapat merugikan kesehatan kita.

Saat setelah olah raga sebaiknya jangan lupa untuk mengusap leher dengan handuk pembersih agar tidak tumbuh jerawat. Dan setelah itu jangan lupa untuk menggosok nya dengan sabun pembersih saat sedang mandi agar daki nya bisa segera hilang dari leher.

Baca Juga: Cara Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat pada Pria

Jika saat mandi juga tidak dibersihkan dengan sabun maka bekas keringat dan sel-sel kulit mati pada leher akan menumpuk yang nantinya akan membuat jerawat pada leher.

2. Menggunakan Produk Perawatan Rambut Yang Tidak Cocok

Tidak hanya produk skincare, penggunaan produk shampo yang tidak cocok ternyata juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada leher.

Baik produk skincare maupun penggunaan shampo yang bisa menimbulkan jerawat leher biasanya mengandung bahan kimia yang cukup keras. Sehingga pada akhirnya akan membuat kulit tersumbat dan menimbulkan jerawat pada leher.

3. Memakai Kerah Kemeja Yang Terlalu Ketat

Kerah kemeja yang terlalu ketat dapat membuat kulit leher menjadi teriritasi akibat dari gesekan-gesekan antara kerah dan permukaan kulit.

Tidak hanya sebatas pada pemakaian kerah kemeja saja, penggunaan jaket dengan kerah maupun syal yang kasar juga dapat menyebabkan kulit leher menjadi terluka.

Jika hal ini terus terjadi maka saat iritasi kulit akan memberikan peluang untuk kuman dan bakteri yang masuk dan berkembang biak di area leher.

4. Memakai Kalung atau Perhiasan Pada Leher

Tidak semua orang ternyata bisa cocok untuk memakai perhiasan di leher. Bisa jadi jika jerawat yang timbul di area leher itu disebabkan oleh pemakaian perhiasan yang bisa membuat kulit leher menjadi sensitif.

Pemakaian perhiasan yang menggunakan bahan logam seperti emas, perak, atau logam campuran memang dapat membuat gesekan kulit leher yang akhirnya menjadi terluka.

5. Pakaian yang Tidak Menyerap Keringat

Beberapa pakaian pada umumnya memang memiliki kualitas yang buruk dan tidak aman untuk dipakai karena efeknya bagi kesehatan kulit.

Sebagai tips jika anda sering berkeringat karena cuaca yang panas atau karena aktivitas fisik yang tinggi, sebaiknya gunakan pakaian yang berbahan dasar katun.

Bahan katun selain terasa nyaman ketika dipakai, juga menjadi pilihan terbaik karena kemampuannya untuk menyerap keringat jauh lebih baik dari bahan pakaian lainnya.

Pakaian yang menggunakan bahan katun meskipun sedikit lebih tebal namun tidak akan membuat gerah ketika digunakan.

Cara Mengatasi Jerawat di Leher

1. Gunakan Pakaian yang Longgar

Gunakan pakaian yang longgar terutama pada bagian leher agar bisa mengurangi gesekan yang bisa menyebabkan iritasi jerawat.

Penggunaan pakaian longgar dan menggunakan bahan seperti katun yang bisa menyerap keringat dapat membantu mengurangi risiko terkena jerawat leher.

2. Copot Perhiasan pada Leher

Selama kondisi leher ada jerawatnya, sebaiknya lepaskan dahulu semua perhiasan yang dapat menempel pada leher. Dengan melepaskan semua perhiasan pada leher setidaknya dapat membantu untuk mengurangi terjadi nya gesekan yang dapat memperparah iritasi kulit.

3. Kompres Air Hangat

Dengan menempelkan kompres air hangat pada leher berjerawat, setidaknya dapat menghilangkan rasa gatal yang bisa membuat tangan untuk terus menggaruk.

Mengkompres leher berjerawat dengan air hangat juga dapat membuka pori-pori lebih lebar sehingga bisa mengurangi terjadi nya sumbatan.

Lama waktu nya bisa sekitar lima belas menit-an agar kulit mempunyai waktu yang cukup untuk membuka pori-pori lebih lebar.

Pastikan kain dan handuk nya sudah bersih sehingga bebas dari kontaminasi bakteri dan kotoran yang dapat memperparah jerawat pada leher.

4. Menggunakan Obat Alami

Mengatasi jerawat pada leher juga dapat menggunakan obat alami seperti lidah buaya atau bahan alami lainnya yang memiliki sifat anti inflamasi.

Selain lidah buaya, bahan obat alami lain juga bisa berguna untuk mengatasi jerawat leher seperti minyak lavender, madu, dan sari cuka apel.

Kamu hanya perlu mengoleskan obat alami ini ke permukaan kulit leher secara rutin. Pastikan bahwa saat penggunaannya tidak akan menimbulkan kondisi yang lebih parah.

5. Menggunakan Obat dari Dokter

Untuk kondisi jerawat leher yang sudah parah, sebaiknya segera konsultasi kan langsung dengan dokter spesialis agar bisa mendapatkan obat yang tepat.

Published by Ardian

Selalu tertarik pada hal-hal yang berbau teknologi dan kesehatan

× Bicara dengan produk spesialis