fbpx

mySkin

Awas! 7 Kebiasaan Buruk Penyebab Komedo

Penyebab komedo ini wajib diketahui. Tidak hanya bagi perempuan namun juga bagi laki-laki, karena keduanya ini beresiko mengalami komedo. Komedo sendiri merupakan benjolan kecil yang mana muncul di pori-pori kulit. Bahkan komedo ini dipercaya menjadi cikal bakal dari munculnya jerawat. Selain di wajah, komedo ini bisa muncul di area tubuh yang lainnya seperti di bahu, dada, lengan maupun punggung.  Komedo ini tidak akan menyebabkan rasa sakit hanya saja jika terkena infeksi akan menyebabkan kulit Kamu mengalami kemerahan, bengkak dan kemudian memunculkan jerawat. Komedo yang berubah menjadi jerawat ini akan menyebabkan wajah Kamu menjadi breakout. Secara umum terdapat dua jenis komedo. Komedo yang muncul akibat pori-pori kulit tersumbat akibat sel kulit mati dan juga minyak. Jika permukaan kulit tertutup oleh lapisan kulit, komedo akan berubah menjadi komedo putih, karena warnanya ini menyerupai kulit atau berwarna putih. Jika komedo ini permukaannya terbuka dan terpapar dengan udara maka disebut dengan komedo cokelat atau hitam. Ada beberapa kebiasaan yang menjadi penyebab komedo, penting untuk diperhatikan seperti berikut ini:

Memegang Wajah dengan Tangan Kotor

Kebiasaan buruk penyebab komedo pertama adalah memegang wajah dengan menggunakan tangan kotor. Bakteri yang ada di tangan Kamu ini akan berpindah ke wajah Kamu. Tidak hanya komedo saja yang bisa muncul namun jerawat juga bisa muncul.

Memencet Komedo

Saat Kamu merasakan kulit kasar dan berkomedo tidak jarang tangan ini gatal ingin langsung memencetnya. Padahal memencet komedo secara langsung dengan menggunakan tangan ini sangat tidak disarankan. Selain menyebabkan komedo bertambah, justru komedo akan berubah menjadi infeksi. Cara aman yang bisa Kamu lakukan untuk mengeluarkan komedo di kulit Kamu adalah dengan menggunakan alat khusus yang bisa mengeluarkan komedo tanpa sakit dan tanpa resiko.

Sering Mencuci Wajah dengan Sabun

Penyebab komedo yang tidak sering Kamu sadari adalah sering mencuci wajah. Mencuci wajah ini boleh-boleh saja, namun intensitas mencuci wajah dengan menggunakan produk pembersih berbahan kimia bukan hal yang bagus untuk merawat kulit Kamu. Bahan kimia pada produk tersebut justru akan membuat kulit menjadi kering. Kulit Kamu juga rentan mengalami iritasi dan rentan menyebabkan komedo hitam dan komedo putih.

Makeup Tebal

Kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan terkena komedo adalah makeup.  Bukan menjadi hal aneh jika makeup ini menjadi prioritas dalam menjaga penampilan. Namun tahukah Kamu make up yang berat tersebut bisa menyebabkan kondisi kulit menjadi buruk. Pori-pori menjadi tidak bisa bernafas karena tertutup makeup yang terlalu tebal dan berat. Kosmetik tersebut juga bisa menyumbat pori-pori akibatnya adalah komedo tersebut bisa muncul di permukaan wajah Kamu.  Pemilihan make up yang sembarangan juga bisa menyebabkan kesehatan kulit menjadi buruk. Saat Kamu menggunakan makeup tersebut pastikan jika produknya sesuai dengan kulit wajah. Jangan hanya karena sudah cocok dengan suatu produk membuat Kamu mengaplikasikan produk tersebut ke wajah tanpa takaran yang pas. Hal tersebut membuat make up Kamu justru menjadi tebal dan memicu pori-pori semakin besar sehingga kotoran dan juga minyak ini semakin menumpuk.

Jarang Membersihkan Make Up

Jika Kamu sering menggunakan make up maka hal yang harus Kamu hindari adalah jarang membersihkan make up. Saat akan beranjak tidur bersihkan wajah dari sisa make up karena sisa make up akan memicu berbagai macam masalah kulit Kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan micellar terlebih dahulu, setelah itu bisa menggunakan cleanser dilanjutkan dengan toner, kemudian cuci muka dengan menggunakan facial foam.  Jika wajah Kamu juga berjerawat setelah menggunakan facial foam ini bisa Kamu lanjutkan dengan menggunakan cream malam atau acne cream yang mana bisa mengempeskan jerawat secara efektif.

Asal Meletakkan Alat Make up

Penyebab komedo yang jarang disadari adalah asal meletakkan alat make up. Kamu yang sering menggunakan make up setiap hari ini penting untuk memperhatikan penyimpanan alat make up. Simpan alat make up di tempat yang tertutup dan terbebas dari debu maupun bakteri. Tujuannya adalah agar tidak menimbulkan efek buruk di kulit Kamu. Saat Kamu menggunakan alat make up yang kotor ini bakteri dan kotoran tersebut justru menempel di kulit wajah dan menyebabkan berbagai macam keluhan. Selalu bersihkan alat make up Kamu secara teratur agar tidak ada debu maupun bakteri yang menempel.

Sinar Matahari dan Polusi

Kamu yang sering bekerja di outdoor ini akan menyebabkan mudah terkena berbagai macam masalah kulit. Sinar matahari akan membuat kulit menjadi mudah berminyak selain itu polusi udara juga akan membuat kulit Kamu bermasalah seperti flek dan bintik hitam, kusam dan lain sebagainya.  Jika sering terpapar sinar matahari setiap harinya Kamu bisa menggunakan sunblock untuk melindungi kulit . Kamu juga harus rajin mencuci muka agar tidak mengalami berbagai macam masalah kulit tersebut.

Mencegah Munculnya Komedo

Ada beberapa pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari komedo. Pencegahan yang pertama adalah rajin membersihkan muka dan alat make up . Selain itu penting bagi Kamu untuk menjaga pola makan dengan baik hindari makanan yang berlemak dan berminyak.  Jika Kamu sering berada di bawah terik sinar matahari selalu bawa tisu atau kertas penyerap minyak untuk membersihkan wajah Kamu dari minyak dan keringat, selain itu selalu rajin cuci muka dengan air. Saat malam hari wajib untuk melakukan treatment wajah agar minyak dan kotoran di wajah tersebut terangkat dengan sempurna. Yang tidak kalah penting adalah rajin melakukan scrubbing supaya sel kulit mati di wajah Kamu terangkat dengan sempurna. Terlalu banyak sel kulit mati menumpuk hanya akan membuat kulit Kamu mengalami masalah. Demikian beberapa penyebab komedo dan pencegahannya yang bisa Kamu lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Published by Nirwan

Nirwan is a member of SEO Team at MySkin.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Bicara dengan produk spesialis disini!