fbpx

mySkin

Perawatan Muka Buat Jerawat Bruntusan

Perawatan muka buat jerawat bruntusan harus dilakukan dengan benar. Bruntusan bisa membuat tampilan wajah menjadi kurang enak dipandang, bruntusan juga bisa berdampak buruk terhadap kesehatan kulit wajah.

Hal ini bisa terjadi karena terhambat nya pori-pori kulit wajah akibat sel kulit mati dan kotoran minyak yang mengendap.

Jika dibiarkan maka akan membuat keadaan kulit semakin parah yang ditandai dengan iritasi wajah, lalu muncul penyakit kulit lainnya seperti dermatitis, folikulitis dan peradangan kulit lainnya.

Kesehatan Kulit wajah memang membutuhkan perhatian yang berbeda dari permukaan kulit lainnya, oleh karena itu kamu perlu memahami cara merawat wajah bruntusan yang benar.

Tips Perawatan Muka Buat Bruntusan

Hindari Makanan Berminyak

Makanan seperti nasi goreng, ayam goreng, dan segala makanan gorengan lainnya mengandung tinggi minyak yang tidak baik untuk kesehatan.

Selain buruk untuk kesehatan jantung, seseorang yang sedang mengalami bruntusan juga harus berpantang untuk memakan makanan tinggi lemak ini.

Hal ini bisa membuat bruntusan menjadi semakin parah karena makanan yang mengandung tinggi lemak dapat membuat wajah lebih berminyak.

Sebagai gantinya kamu bisa memilih makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan berbagai makanan yang pengolahan nya dengan cara di rebus.

Membersihkan Wajah Secara Teratur

Setelah kamu berpantang makan-makanan gorengan, jangan lupa untuk tetap membersihkan wajah secara teratur. Secara umum kamu bisa membersihkan wajah dua kali setiap hari, namun untuk aktivitas yang tinggi membutuhkan pembersihan yang ekstra.

Gunakan produk pembersih yang cocok dengan jenis kulit kamu, karena setiap orang mempunyai kulit yang berbeda cara penanganan nya.

Jika menggunakan makeup, bersihkan dahulu dengan menggunakan makeup remover, barulah setelah itu mencuci wajah dengan facial wash dan air.

Menggunakan Lidah Buaya

Selain bisa berfungsi sebagai tanaman hias, Lidah Buaya juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan bruntusan secara efektif.

Rasa gatal karena bruntusan pada wajah mampu mereda setelah anda mengoleskan gel lidah buaya ke area kulit wajah yang sedang bruntusan.

Lidah buaya mengandung giberelin dan polikasarida, yaitu jenis senyawa yang bisa membantu mengatasi kulit mati supaya bisa cepat mengelupas.

Dan tentu saja cara ini tidak cukup jika hanya dilakukan satu kali saja. Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya secara teratur ke bagian kulit yang terkena bruntusan setidaknya dua kali sehari sampai kondisi nya membaik.

Hindari Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor

Pastikan sebelum memegang kulit wajah, anda sudah harus mencuci tangan dengan sabun hingga bersih. Karena tangan merupakan sumber kuman yang dapat berpindah ke kulit wajah hanya dengan satu kali sentuhan saja.

Jangan biarkan kondisi wajah berminyak sampai waktu yang lama. Segera bersihkan wajah anda agar minyak bisa terbuang supaya tidak menyebabkan rasa gatal yang akan membuat tangan anda untuk menggaruk.

Gunakan Suncreen yang Cocok untuk kondisi Bruntusan

Jangan sampai melewatkan penggunaan tabir surya atau suncreen, karena produk ini menjadi kewajiban agar kulit bisa terlindungi dari paparan sinar ultraviolet matahari.

Namun sayangnya, tidak semua orang merasa cocok dalam penggunaan tabir surya atau suncreen ini terutama yang sedang menderita bruntusan.

Beberapa produk sunscreen memiliki kandungan yang justru dapat membuat lebih parah kulit wajah, sehingga menjadi lebih banyak lagi muncul bruntusan.

Untuk bisa mendapatkan produk suncreen yang tepat memang susah-susah gampang, sebab jenis kulit setiap orang berbeda.

Meskipun demikian kamu bisa mulai mencobanya dengan memperhatikan tiap kandungan yang ada dari setiap produknya. Segera hentikan penggunaan suncreen jika dapat membuat parah kondisi kulit wajahmu, namun jika cocok kamu bisa terus menggunakan produk tersebut.

Eksfoliasi

Sel-sel kulit mati pada wajah dapat membuat tampilan menjadi kusam dan tidak menarik. Eksfoliasi wajah merupakan bagian perawatan wajah yang fungsinya untuk menghilangkan kotoran yang menempel, melepas sisa-sisa makeup sehingga dapat mempercepat pengelupasan sel kulit mati.

Perlu anda ketahui bahwa setiap satu bulan sekali biasanya wajah akan mengganti sel-sel kulit yang lama (mati) dengan sel kulit yang baru.

Jika kamu tidak rajin membersihkan wajah, maka efeknya dapat membuat tampilan muka lebih kusam dan memperparah jerawat karena pori-pori kulit menjadi terhambat oleh sel kulit yang sudah mati.

Kamu bisa melakukan eksfoliasi secara berkala seperti setiap seminggu sekali dengan menggunakan produk eksfoliasi yang cocok dengan jenis kulit wajah kamu.

Menggunakan Laser

Jika kamu ingin cepat menghilangkan bruntusan pada wajah dengan efektif, gunakanlah laser. Dengan teknologi yang semakin maju, anda bisa membuat kulit wajah bebas dari bruntusan.

Meskipun terbukti efektif karena dapat membuat kulit wajah cepat mulus dan bersinar kembali, namun cara ini juga memiliki resiko yang tinggi. (efek samping yang timbul bisa berbeda dengan setiap orang)

Selain itu dibutuhkan biaya yang mahal karena tidak cukup hanya dengan sekali laser saja anda sudah bisa menghilangkan bruntusan.

Cara ini bisa menjadi pilihan terakhir jika cara-cara sebelumnya sudah tidak ampuh lagi karena kondisi yang memang sudah parah.

Published by Nirwan

Nirwan is a member of SEO Team at MySkin.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Bicara dengan produk spesialis disini!