fbpx

mySkin

Perbedaan Obat Resep & Obat OTC. Mana Lebih Baik?

Obat resep vs OTC, manakah yang lebih unggul? Pernahkah kamu mendengar tentang kedua jenis obat tersebut? Pasti kamu sudah pernah atau bahkan sering mendengar tentang obat resep bukan? Namun, tahukah Kamu apa itu obat OTC? Apa perbedaannya dengan obat resep? 

Pengertian Obat Resep dan Obat OTC

Sebelum mengetahui manakah yang lebih baik jika membandingkan antara obat resep vs OTC, Meskipun sama-sama termasuk dalam jenis obat, namun kedua jenis obat ini ternyata memiliki perbedaan mulai dari formulasi, harga, hal lainnya.

Obat resep merupakan obat-obatan yang direkomendasikan oleh dokter kepada pasiennya setelah dokter melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh mulai dari pengecekan gejala, riwayat penyakit, pola hidup, serta kondisi kesehatan lainnya.

Obat resep tidak bisa diberikan atau dikonsumsi sebelum orang tersebut diperiksa oleh dokter. Dikarenakan kondisi kesehatan yang dimiliki oleh masing-masing orang berbeda. Meskipun penyakit yang diderita sama, namun belum tentu obat yang diberikan juga sama. Meskipun ternyata obat yang diberikan sama, ada kalanya dokter akan memberikan dosis yang berbeda.

Sedangkan obat OTC singkatan dari Over-The-Counter atau yang biasa juga disebut obat bebas. Obat OTC umumnya obat-obatan yang sudah ditujukan untuk jenis panyakit yang sudah pasti seperti sakit kepala, flu, batuk, demam, pilek.

Berbeda dengan obat resep, obat OTC bisa dikonsumsi atau didapatkan tanpa memerlukan atau melakukan pemeriksaan dokter. Obat OTC bisa dibeli dengan mudah. Kamu bisa mendapatkannya di apotek, minimarket, bahkan toko online. 

Obat Resep vs OTC, Mana Lebih Baik?

Setelah mengetahui tentang pengertian obat resep dan obat OTC, bisakah kamu menyimpulkan mana yang lebih baik untuk dikonsumsi? Pada dasarnya, obat resep vs OTC tidak dapat dibandingkan. Pemakaiannya harus disesuaikan dengan kondisi pasien.

Ada yang hanya diberikan obat OTC bisa sembuh. Ada pula orang yang harus melakukan pemeriksaan dokter baru kemudian sembuh berkat obat resep dari dokter.

Kesimpulannya, manakah yang lebih baik antara kedua jenis obat ini adalah tidak ada yang lebih baik maupun lebih buruk. Masing-masing obat, baik itu obat resep ataupun OTC memiliki manfaat masing-masing. Yang jelas adalah, kedua jenis obat ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Perbedaan Obat Resep & Obat OTC

Obat OTCObat Resep
Tersedia secara bebas di pasaran.Harus menggunakan resep dokter untuk mendapatkan obat yang akan dikonsumsi.
Dapat dikonsumsi oleh orang banyak tanpa spesifikasi.Hanya bisa diberikan kepada satu orang saja sesuai dengan diagnosa oleh dokter.
Memiliki efek samping yang minimal, Namun efeknya kurang begitu ampuhMemiliki efek samping yang minimal, Namun lebih ampuh mengatasi keluhan. Seperti keluhan jerawat
Hanya digunakan untuk penyakit-penyakit ringan seperti sakit gigi, gangguan pencernaan, sakit kepala, batuk, dan lain-lain. Bisa digunakan untuk mengatasi segala jenis penyakit mulai dari yang ringan hingga berat. Contohnya jerawat
Memiliki harga yang cenderung lebih murah, namun ada beberapa jenis obat yang memiliki harga lebih mahal.Memiliki harga yang lebih mahal karena memiliki kandungan yang mahal ataupun hak paten dari perusahaan yang memproduksi.

Setelah mengetahui perbedaan Obat resep vs OTC, tentu kamu lebih paham dan mengetahui tentang kelebihan dari masing-masing jenis obat tersebut bukan?.

Penggunaan kedua jenis obat ini juga harus disesuaikan dengan kondisi atau gejala yang sedang dialami. Jadilah konsumen yang cermat ya.

Published by Nirwan

Nirwan is a member of SEO Team at MySkin.

× Bicara dengan produk spesialis