fbpx

mySkin

Perbedaan Purging dan Breakout pada Wajah

Penggunaan istilah purging dan breakout dalam dunia skin care, sering kali membuat banyak orang awam menjadi bingung. Meskipun keduanya sama-sama bisa menimbulkan jerawat, namun kondisi purging dan breakout ternyata memiliki perbedaan.

Lebih jelasnya, mari kita bahas dahulu arti dari kedua kata itu secara harafiah. Istilah purging sebenarnya berasal dari bahasa inggris yaitu purge yang artinya membersihkan, sedangkan breakout artinya kelolosan.

Dari penjelasan itu saja sebenarnya sudah bisa kita ketahui penggunaan kata “purging” merupakan suatu hal yang kita harapkan karena hasilnya berdampak positif. Sedangkan kata “breakout” dalam perawatan kulit adalah sesuatu yang tidak kita inginkan karena hasil nya berdampak negatif/buruk.

Nah, untuk bisa mengetahui perbedaan antara purging dan breakout dengan lebih jelas, simak pembahasan berikut ini.

Perbedaan Purging & Breakout

Purging adalah proses regenerasi dari sel kulit mati yang nantinya digantikan oleh sel kulit baru, tetapi sebelumnya akan mengalami timbul berbagai masalah terlebih dahulu. Lama proses purging setiap orang berbeda-beda.

Sebelum sel kulit baru menggantikan sel kulit mati, biasanya pori-pori wajah akan tersumbat oleh minyak terlebih dahulu. Kondisi seperti ini akan menyebabkan berbagai macam gangguan seperti munculnya jerawat, komedo, atau bahkan blackhead.

Purging memang bisa terjadi karena banyak faktor, namun biasanya karena penggunaan skincare yang baru dengan komposisi bahan aktif yang berbeda pula.

Salah satu bahan aktifnya bernama retinoid, senyawa ini merupakan turunan dari retinol yang sejatinya adalah vitamin A.

Ciri-Ciri Purging

1. Muncul Jerawat, Bruntusan & komedo

Ciri-ciri purging yang paling sering muncul biasanya jerawatan, bruntusan dan ada banyak komedo di wajah. Gejala purging bisa berbeda-beda pada tiap orang karena jenis kulit tiap orang juga berbeda.

Jika kamu mengalami hal ini maka jangan buru-buru untuk langsung mengklaim kalau skincare yang kamu pakai sekarang tidak cocok. Sebab belum tentu demikian, bisa saja ini hanyalah gejala purging yang merupakan proses penyesuaian kulit terhadap produk skincare baru.

Setelah berhasil melewati proses ini biasanya kulit akan kembali bersih dan cerah kembali.

2. Kulit wajah terasa gatal-gatal

Rasa gatal pada kulit wajah pada proses purging juga sering kali terjadi. Gejala ini merupakan sebuah proses pergantian sel kulit mati ke sel kulit baru yang disertai keluarnya kotoran ke permukaan.

Jadi kamu sama sekali tidak perlu khawatir jika merasa gatal saat proses purging, karena setelah itu tidak akan terasa gatal lagi.

Hal yang harus kamu perhatikan adalah usahakan untuk tidak menggaruk kulit wajah sama sekali karena dapat menyebabkan infeksi dan luka gores.

3. Kulit memerah

Berubahnya kulit wajah menjadi kemerahan memang dapat mempengaruhi penampilan dan berkurang nya rasa percaya diri. Namun ini hanyalah fasa sementara yang harus kamu lalui agar bisa mendapatkan sel kulit baru yang lebih bersinar dan bersih setelahnya.

Dalam tahap ini kamu juga tidak perlu mengganti skincare karena setelah itu kulit mampu menyesuaikan dengan produk skincare barumu.

4. Terjadi pengelupasan

Selain muncul jerawat, rasa gatal, dan gejala-gejala lainnya, proses purging juga akan ditandai dengan pengelupasan kulit mati.

Hal ini sangat normal karena setelah itu akan tergantikan oleh sel kulit baru. Namun dalam proses nya, setiap orang bisa mengalami proses purgin yang berbeda-beda karena jenis kulitnya yang berbeda-beda juga.

Ciri-ciri breakout

1. Muncul Jerawat lebih parah

Meskipun purging dan breakout sama-sama muncul jerawat, namun biasanya pada breakout bisa muncul lebih parah. Tidak hanya terbatas pada area pipi saja, pada breakout jerawat bisa muncul di jidat, dagu dan bahkan bisa muncul di seluruh bagian wajah.

2. Lama waktu kemunculan jerawat

Jika jerawat akibat purging bisa muncul selama beberapa minggu atau sampai 1 bulan. Maka jerawat yang disebabkan oleh breakout bisa muncul lebih lama lagi. Lama nya itu tergantung dari kondisi kulit setiap orang karena meski skincare yang dipakai sama, belum tentu bereaksi sama antara pengguna yang satu dengan lainnya.

Bisa dikatakan Jerawat yang berasal dari purging sifat nya hanya sementara. Sedangkan jerawat yang berasal dari breakout dampaknya bisa terus berlangsung selama kamu masih memakai produk skincare tersebut.

Tidak ada patokan pasti berapa lama jerawat yang muncul itu akan menghilang. Namun kamu bisa tetapkan sendiri dalam hitungan mingguan apakah setelah pemakaian produk skincare, jerawatnya mengalami pengurangan atau justru malah semakin parah ?

Jika sudah sampai hitungan bulan, kondisi muka masih berjerawat parah dan tidak ada sama sekali tanda-tanda berkurang nya jerawat. Maka bisa dipastikan bahwa itu adalah kondisi breakout. Segera hentikan produk skincare yang menyebabkan wajah jerawat parah karena memang tidak cocok dengan jenis kulit mu.

Perhatikan kandungan bahan aktif pada produk skincare yang kamu pakai sekarang. Bisa jadi kulit wajahmu memang tidak cocok terhadap bahan aktif yang terkandung dalam produk skincare yang kamu gunakan sekarang.

Published by Ardian

Selalu tertarik pada hal-hal yang berbau teknologi dan kesehatan

× Bicara dengan produk spesialis