fbpx

mySkin

Mengenal Apa itu Purging. Berapa Lama Prosesnya?

Purging ditandai dengan munculnya jerawat, pengelupasan kulit dan kulit terasa kering. Bagi sebagian orang, keadaan ini sangat menakutkan. Padahal, purging biasa terjadi saat mereka beralih menggunakan produk skincare atau krim wajah baru.

Apa itu Purging

apa itu purging
Happyknits

Purging adalah proses pembersihan sel kulit mati pada wajah sebagai reaksi dari penggunaan produk skincare baru. Pada saat wajah melakukan penyesuaian, zat berupa minyak pada wajah akan muncul terlebih dahulu. Minyak ini dapat menyumbat pori-pori sehingga akan menimbulkan jerawat.

Ciri-ciri purging pada masing-masing orang bisa berbeda-beda. Mulai dari kemunculan komedo terbuka atau blackhead, komedo tertutup atau whitehead, jerawat papula, jerawat pustula, hingga jerawat batu. Biasanya akan terasa nyeri saat disentuh. Selain kemunculan jerawat, purging juga ditandai dengan terjadinya pengelupasan kulit wajah dan kulit wajah terasa kering.

Setelah wajah mengalami proses purging, maka sel kulit wajah baru yang lebih sehat akan muncul ke permukaan dan kulit wajah tampak lebih bersih. Walau kadang bikin sebal dengan kemunculan jerawat purging tersebut, hasil akhirnya cenderung akan membuat anda puas dan gembira.

Penyebab Purging

Penyebab purging karena bahan-bahan kandungan aktif tersebut berfungsi untuk meregenerasi sel kulit wajah, atau pembersihan sel kulit mati untuk digantikan oleh sel kulit wajah baru yang kebih sehat.

Bahan-bahan itu antara lain adalah retinoid, alpha hydroxyl acid/ AHA dan beta hydroxyl acid/ BHA. Kandungan bahan aktif lainnya seperti benzoil peroksida, lactic acid, tazarotene dan vitamin C.

Bukan hanya kandungan aktif tersebut, beberapa prosedur medis, seperti chemical peeling dan tindakan laser juga bisa menimbulkan reaksi purging.

Berapa Lama Proses Purging?

Secara umum purging dapat terjadi selama 2 – 6 minggu, dan beberapa kasus lainnya bisa mengalami masa purging hingga 3 bulan. Apabila sudah melebihi masa 3 bulan, kamu patut mempertimbangkan bahwa itu merupakan suatu breakout. Dan kamu harus segera menghentikannya.

Lamanya proses purging bersifat individual, bahkan tidak semua orang akan mengalami proses purging. Hal ini disebabkan oleh beberapa individu mengalami reaksi terhadap salah satu atau beberapa komposisi kandungan bahan aktif pada produk skincare atau krim wajah.

Dalam kondisi ini, sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit, terutama bila masa purging sudah mencapai 6 bulan. Kemungkinan produk skincare atau krim wajah yang anda gunakan tidak cocok bagi kulit wajah anda dan sebaiknya anda tidak perlu memaksakan diri untuk terus menggunakan produk tersebut.

Kandungan Bahan Aktif Penyebab Purging

Kandungan bahan aktif pada produk skincare atau krim wajah memiliki manfaat yang berbeda untuk kulit. Beberapa di antaranya juga berpotensi membuat kulit semakin parah sebelum akhrinya membaik seperti yang anda alami pada masa purging. Namun, tidak semua kandungan bahan aktif menyebabkan purging, ada beberapa kandungan tertentu yang ternyata dapat memicu terjadnya purging.

Kandungan bahan aktif yang menyebabkan terjadinya purging adalah kandungan yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan mempercepat penggantian sel kulit wajah. Beberapa kandungan itu anatara lain, Alpha Hydroxyl Acid/ AHA dan Beta Hydroxyl Acid/ BHA, vitamin C, retinoid, dan benzoyl peroxide.

AHA dan BHA merupakan kandungan umum yang ditemukan pada berbagai produk exfoliator. AHA berfungsi untuk membersihkan komedo tertutup atau whitehead dan BHA bermanfaat untuk membersihkan komedo terbuka atau blackhead.

Vitamin C sering ditemukan di dalam serum dan memiliki manfaat untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan serta memudarkan noda hitam. Sedangkan benzoyl peroxide biasa digunakan dalam skincare atau krim wajah untuk kulit berjerawat. Persamaan dari semua kandungan ini bersifat asam (acid) dan bisa mendorong terjadinya pergantian sel kulit mati menjadi sel kulit wajah baru yang lebih sehat.

Ada Beberapa Hal Yang Perlu Kamu Ketahui:

1. Gunakan Produk Skincare Secara Bertahap

Purging terjadi pada fase awal penggunaan skincare. Karena itu, aplikasikan produk secara bertahap, sedikit demi sedikit untuk meminimalisir terjadinya purging, terutama pada produk skincare dengan kandungan aktif retinoid dan zat eksfoliasi seperti yang akan dijelaskan di bawah.

2. Jangan Menyentuh atau Memencet Jerawat

Hindarilah kebiasaan menyentuh atau memencet jerawat karena hal ini dapat memperparah kondisi jerawat sehingga membuat proses purging berlangsung semakin lama.

3. Oleskan Sunscreen atau Tabir Surya

Sunscreen bila digunakan secara rutin dapat mempercepat proses purging. Terutama bagi anda yang selalu beraktivitas di luar ruangan. Sunscreen atau tabir surya dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun, anda harus memilih sunscreen yang tidak mengandung minyak serta berlabel noncomedogenic atau tidak rentan menyumbat pori-pori.

4. Hindari Skincare yang Dapat Mengelupas Kulit

Cara mempercepat proses purging adalah dengan menghindari penggunaan produk skincare atau krim wajah yang dapat mengelupas kulit. Kondisi ini dapat memperburuk kulit yang sedang mengalami regenerasi atau pergantian sel kulit. Skincare yang dapat mengelupas kulit biasanya mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida.

Published by Doni Nuriska

Doni is outsource writer at Myskin. He developed his creative talent and expertise after years of practice in journalism & blogging. Doni likes travelling and photography.

× Bicara dengan produk spesialis