fbpx

mySkin

Tingginya Stress Salah Satu Penyebab Jerawat Pada Wanita

Bagi seorang wanita hadirnya jerawat di kulit wajah bisa menjadi masalah yang serius dan menurunkan kepercayaan diri. Bagaimanapun kulit merupakan bagian yang sangat penting bagi kaum hawa dan harus selalu terlihat sempurna.

Walaupun biasanya jerawat lebih sering muncul pada remaja putri usia belasan namun faktanya masih banyak wanita dewasa di atas 20 tahun yang mengalaminya. Penyebab jerawat pada wanita bisa dipengaruhi psikologis. Contohnya tingginya tingkat stres.

Stress Menyebabkan Jerawat Pada Wanita

Faktor peningkatan stres berhubungan dengan peningkatan keparahan jerawat, Terutama akibat panas dan kelembaban udara. Pengaruh dari panas dan tingkat kelembaban dapat membuat bakteri berkembang sehingga jerawat makin meradang. Kondisi ini yang bisa memicu jerawat ringan hingga berat.

Berdasarkan infografis diatas maka bisa disimpulkan memang ada kaitan antara tingkat stres yang dialami wanita dengan munculnya jerawat di wajah. Kondisi tersebut diperburuk oleh faktor cuaca panas & tingkat kelembapan udara yang bisa mengakibatkan bakteri penyebab jerawat berkembang dan meningkatkan peradangan.

Metodologi

Mengutip berdasarkan studi yang diterbitkan dalam jurnal “Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology”. Penelitian dilakukan di fakultas kedokteran Universitas King Abdul Aziz di Jeddah, Arab Saudi.

Melibatkan responden wanita sebanyak 144 berusia 22 hingga 24 tahun. Mereka diminta mengisi kuisioner yang akan digunakan untuk meneliti seberapa besar tingkat stres dan hubungannya dengan keparahan jerawat yang dialaminya.

Published by Nirwan

Nirwan is a member of SEO Team at MySkin.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Bicara dengan produk spesialis disini!